Iklan Layanan Masyarakat

Wujudkan Target Capaian Kinerja, Bappeda Adakan Workshop SDM Perencana

Selasa, 30 Agu 2022 16:27:36 444

Keterangan Gambar : Wujudkan Target Capaian Kinerja, Bappeda Adakan Workshop SDM Perencana


Temanggung, Media Center - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas SDM Perencanaan Perangkat Daerah yang Responsif di Jambu Klutuk Resort, Parakan, Selasa (30/8/2022).

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama sejumlah 77 orang terdiri dari unsur Perencanaan Perangkat Daerah dan Kelurahan dengan materi utama penyusunan Program dan Indikator Program RPD tahun 2024. Sedangkan kelas kedua dengan peserta workshop dari unsur Kepala Seksi PMD Kecamatan dan satu Pendamping Desa per-Kecamatan berjumlah 40 orang. Kelas yang kedua mendapatkan materi penyelenggaraan Musrenbang RKPD di Kecamatan dan prioritas usulan kegiatan yang merupakan kewenangan kabupaten.

Pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah sangat penting dilakukan, sebagai proses pemantauan dan supervisi dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan. Selain itu, realisasi kinerja dan keuangan juga sangat penting dilakukan, untuk memastikan tercapainya target pembangunan yang ditetapkan secara ekonomis, efisien dan efektif.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati, Heri Ibnu Wibowo, dengan narasumber Forkopimda Kabupaten Temanggung.

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu memberikan pemahaman terkait kebijakan umum perencanaan pembangunan daerah. Memberikan pemahaman terkait program dan indikator Perangkat Daerah dalam rangka persiapan penyusunan RPD Tahun 2023 masa periode (2024-2026). Memberikan pemahaman penyelenggaran Musrenbang RKPD di kecamatan untuk mengenali permasalahan, solusi permasalahan dan isu strategis pembangunan. 

Kemudian menghasilkan rencana kegiatan pembangunan yang aspiratif dan mendukung RPJMD, serta mwensinergikan dan mengintegrasikan berbagai rencana, usulan, dan program pembangunan dalam sistem perencanaan pembangunan secara terarah dan terpadu.

"Semoga pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten Temanggung berjalan lancar, berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera menuju Temanggung yang Toto, Titi, Tentrem, Marem dan Gandem," harap Wabup.

Wabup juga mengatakan, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menetapkan 53 indikator sasaran dan 529 indikator program di RPJMD 2019-2023. Capaian kinerja Perangkat Daerah sampai dengan saat ini sebesar 90,60%. Masih ada 93 indikator kinerja sasaran dan program yang masih berstatus UPAYA KERAS yang harus diupayakan tercapai 100% di akhir tahun 2023. (MC.TMG/Chy;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top