Iklan Layanan Masyarakat

Peringatan HDI, Sentra Terpadu Kartini dan RSUD Gelar Operasi Katarak Gratis

Rabu, 16 Nov 2022 19:16:36 275

Keterangan Gambar : Sentra Terpadu Kartini Temanggung bekerjasama dengan RSUD Temanggung  melaksanakan bakti sosial secara bersama-sama dengan menggelar operasi katarak secara gratis, aksi sosial ini dilakukan dalam memperingati hari disabilitas internasional tahun 2022.


Temanggung, MediaCenter - Sentra Terpadu Kartini Temanggung bekerjasama dengan RSUD Temanggung  melaksanakan bakti sosial secara bersama-sama dengan menggelar operasi katarak secara gratis, aksi sosial ini dilakukan dalam memperingati hari disabilitas internasional tahun 2022. 
 
“Operasi katarak gratis menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI),” kata Kepala Bagian  Tata Usaha Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Hendra Permana, di sela-sela kegiatan, Rabu (16/11/2022).

Hendra menambahkan, bakti sosial ini dilakukan di empat kabupaten/kota yaitu Temanggung, Wonosobo, Tegal dan Kota Tegal, dengan sasaran kurang lebih sebanyak 150 penderita katarak dengan prioritas warga kurang mampu serta lansia.

“Di Temanggung tercatat sudah 66 pasien, namun nantinya jumlah tersebut akan melewati screening terlebih dahulu, jadi yang dioperasi berapa kita belum tahu,” terangnya.

Ia menandaskan, dengan kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat, khususnya yang kurang mampu dan lansia untuk terbebas dari penyakit katarak pada mata.

“Selain operasi gratis, kita juga memberikan paket sembako serta bantuan uang transport,” katanya. 

Sementara itu, Direktur RSUD Temanggung, Dr Tetty Kurniawati mengatakan, meski bakti sosial, namun  RSUD Temanggung tetap melakukan pelayanan yang terbaik dengan mengunakan mesin operasi katarak paling canggih, peserta akan dioperasi dengan mesin fakoemulsifikasi untuk operasi katarak, dengan mesin ini operasi dan penyembuhannya berjalan lebih cepat.

“Kami menyediakan dokter mata dan kebutuhan lainnya untuk screening,  pemeriksaan laboratorium sebelum pelaksanaan operasi dan kontrol setelah operasi,” jelasnya. (MC.TMG/dn;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top