Iklan Layanan Masyarakat

Hari Santri Nasional 2023: Jihad Santri Jayakan Negeri

Senin, 22 Okt 2023 14:18:37 820

Keterangan Gambar : Hari Santri Nasional 2023: Jihad Santri Jayakan Negeri


Temanggung, MediaCenter - Penjabat Bupati Hary Agung Prabowo memimpin Apel Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Minggu (22/10/2023) pagi. 

Peringatan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo dalam amanatnya menyampaikan sejarah dan makna dari Peringatan Hari Santri Nasional. Diawali dengan keluarnya Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945, yang merupakan seruan ulama dan santri untuk membela kedaulatan NKRI, serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Hari Santri merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan kaum santri. Hari Santri merujuk pada keluarnya Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 yang memantik peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan," jelasnya. 

Peran santri saat ini adalah sebagai pejuang ilmu pengetahuan agar selalu siap siaga, menyiapkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan kesatuan Indonesia, dan juga perdamaian dunia. 

Hary Agung Prabowo mengucapkan terima kasih kepada seluruh santri di Kabupaten Temanggung terkait peran dan kontribusinya kepada umat, serta selamat memperingati Hari Santri Nasional 2023.

Pj. Bupati berharap, jihad santri saat ini bukan berarti mengorbankan nyawa, tetapi bagaimana berbuat dan mengupayakan bersama-sama untuk membangun daerah, khususnya Kabupaten Temanggung. 

"Santri berjihad itu bukan berarti mengorbankan jiwa, tetapi bagaimana membangun Kabupaten Temanggung ini bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan pembangunan di Kabupaten Temanggung. Hari Santri Nasional ini momentum penting bagi kita, bahwa santri ini memang jihad dalam pengertian membangun pemerintah dan Kabupaten Temanggung," harapnya. 

Turut hadir dalam Apel Hari Santri Nasional Tahun 2023, Ketua DPRD Yunianto, Komandan Kodim 0706 Letkol Inf. Sriyono, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/nin;adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top