Iklan Layanan Masyarakat

Rayakan HUT ke-38, PATELKI JATENG Gelar Pekan TLM di SMA Negeri 1 Temanggung

Jumat, 26 Apr 2024 19:30:40 148

Keterangan Gambar : Rayakan HUT ke-38, PATELKI JATENG Gelar Pekan TLM di SMA Negeri 1 Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka memperingati HUT Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) ke-38, DPW PATELKI Jawa Tengah menggelar Pekan Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Temanggung dan diikuti oleh siswa kelas XII, Jum'at (26/04/2024) pagi.

Dalam kegiatan Pekan TLM 2024, dilaksanakan beberapa agenda seperti pemeriksaan gula darah bagi guru dan staff, pemeriksaan golongan darah untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Temanggung, serta sosialisasi edukasi seputar TLM dan prospek kerjanya.

Ketua DPW PATELKI JATENG, Margono, ditemui seusai seremoni pembukaan Pekan TLM menjelaskan, kegiatan Pekan TLM 2024 digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi berdirinya PATELKI dan digelar serentak mulai tanggal 20 hingga 26 April 2024. Adapun pelaksanaan Pekan TLM 2024 di SMA Negeri 1 Temanggung merupakan kolaborasi antara DPW PATELKI Jateng dan DPC PATELKI Temanggung.

"Pekan TLM ini adalah sebuah kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun terbentuknya Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 20 hingga 26 April 2024. Untuk Jawa Tengah sendiri biasanya kita satukan kegiatan di Semarang, tetapi untuk tahun ini kami ingin melebur dengan masyarakat sehingga kita minta untuk semua DPC di seluruh Jawa Tengah untuk melaksanakan Pekan TLM di masing-masing DPC," jelasnya.

Margono juga menyebutkan, hingga saat ini profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik masih sangat dibutuhkan terutama nanti pada tahun 2025 berdasarkan program dari Pemerintah, mengamanatkan bahwa disetiap Puskesmas minimal harus ada 2 Ahli TLM.

"Sementara ini masih jarang yang ada 2 Ahli TLM, rata-ratanya hanya ada 1 dan itupun biasanya di Puskesmas yang pelayanannya sudah cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhan SDM ini, tentu kita butuh suatu peminatan yang didasari dari adik-adik siswa kelas XII. Dengan demikian perlu kita kenalkan Ahli TLM itu seperti apa. Mudah-mudahan kegiatan di SMA Negeri 1 Temanggung ini bisa memberikan dampak yang positif khususnya di Temanggung sehingga profesi Ahli TLM ini akan semakin baik dan maju," tambahnya.

Penentuan lokasi Pekan TLM 2024 di SMA Negeri 1 Temanggung ini didasarkan pada pertimbangan lokasi Kabupaten Temanggung yang berada di tengah-tengah Provinsi Jawa Tengah. 

Ketua DPW PATELKI JATENG berharap, dengan bertambahnya usia Organisasi Profesi PATELKI ini dapat lebih eksis dan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Jadi ini posisi di tengah-tengah, dan juga agar teman-teman DPC PATELKI di Temanggung ini kegiatannya mulai bergerak dan aktif kembali. Harapan kami untuk PATELKI kedepan, semoga kami bisa lebih eksis dan aktif di dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan sehat di bidang kesehatan," harapnya.
(nin;adr)

Pencarian:

Komentar:

Top