Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Terima 289 Paket Jogo Tonggo KIT

Jumat, 03 Jul 2020 14:16:20 366

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menerima bantuan 289 paket Jogo Tonggo KIT dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan diserahkan kepada Bupati Temangung H.M Al Khadziq di Pendopo Pengayoman, Kompleks Rumah Dinas Bupati Temanggung, Jawa Tengah, Jum’at (03/07/2020). Acara juga dihadiri oleh Anggota DPRD Dapil IX Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ketua DPRD Kabupaten Temanggung beserta jajaran serta para Camat se-Kabupaten Temanggung beserta jajaran.

Selanjutnya, Bupati Temanggung menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan Kepala Desa yang akan dilanjutkan dropping bantuan ke 289 desa/kelurahan se-Kabupaten Temanggung yang dibagi ke dalam 5 tim, sehingga masing-masing tim akan mendistribusikan ke empat kecamatan di Kabupaten Temanggung.

“Hari ini kita bagi menjadi 5 tim untuk ke kecamatan, kemudian bantuan diserahkan kepada Camat, nantinya Camat akan menyerahkan kepada Kepala Desa dan Satgas Jogo Tonggo dimasing-masing kecamatan”, jelas Eddy Cahyadi, dari Divisi Pusat Data dan Pelaporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung.

Ia menambahkan, bantuan yang diterima akan didistribusikan dan dimanfaatkan untuk melanjutkan kegiatan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Temanggung. Saat ini ada sebanyak 1.472 Satgas Jogo Tonggo yang tersebar di 289 desa/kelurahan. 

“Kita harus gerak cepat, supaya Jogo Tonggo KIT ini bisa segera terdistribusikan kepada masyarakat, khususnya yang sebagai petugas Jogo Tonggo di wilayah Kabupaten Temanggung,” imbuhnya.

Eddy menjelaskan, masing-masing desa di Kabupaten Temanggung akan mendapatkan 1 paket Jogo Tonggo KIT yang terdiri dari seperangkat Alat Pelindung Diri (APD) , masker, thermogun, kacamata standar Covid, sarung tangan, disinfektan, sprayer, hand sanitizer, sepatu boat dan peralatan lain disertai pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan Jogo Tonggo. 

Teknis penyerahan bantuan juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, sehingga alat yang digunakan beberapa kali akan dijelaskan prosedur penggunaanya ke Satgas Jogo Tonggo yang ada ditiap desa .

Diharapkan dengan adanya penyerahan paket KIT ini dapat memberikan semangat kepada Satgas Jogo Tonggo untuk lebih memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat.

“Diharapkan nantinya kondisi Kabupaten Temanggung untuk kasus Covid-19 tidak hanya melandai, tetapi melantai sampai dengan titik”, pungkasnya. 

Dalam sambutannya, Riptieni Tri Lutiarsi selaku Kepala Balkesmas wilayah Ambarawa Dinkes Jateng menyampaikan, kasus Covid-19 saat ini masih cukup tinggi, sehingga ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melawan pandemi ini bersama-sama dengan cara gotong royong. 

“Dengan adanya Satgas Jogo Tonggo diharapkan dapat menekan angka penularan dan penyebaran Covid-19 sampai tingkat dasar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Satgas Jogo Tonggo mempunya tugas untuk mendorong, memastikan dan memantau pelaksanaan protokol bisa berjalan dengan baik dan efektif, sehingga diharapkan dengan adanya paket Jogo Tonggo KIT yang akan dibagikan ke seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Temanggung dapat memberikan support untuk dilaksanakan kegiatan Jogo Tonggo dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top