Iklan Layanan Masyarakat

Musim Penghujan Warga Harus Waspada DBD

Senin, 17 Jan 2022 17:14:13 652

Keterangan Gambar : Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Kristi Widodo


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten Temanggung mengingatkan pada warga untuk mewaspadai adanya kemungkinan kenaikkan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) pada puncak musim penghujan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Kristi Widodo mengatakan, ada tren peningkatan kasus DBD di masa musim penghujan, maka itu Dinas Kesehatan mengingatkan pada warga untuk meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan.

"Warga harus rajin dalam upaya mencegah timbulnya dan adanya paparan DBD," kata Kristri Widodo, Senin (17/1/2022).

Ia menerangkan, pencegahan terjadinya DBD dapat diatasi dengan 4M Plus yang dilakukan selama seminggu sekali, meliputi menguras tempat penyimpanan air, menutup semua tempat penyimpanan air, mengubur, dan menutup semua barang bekas yang berkemungkinan dapat menampung air.

Selain itu, warga juga harus rajin memantau semua wadah yang dapat digunakan oleh nyamuk berkembang, contohnya Aedes Aegypti. Jangan menggantung pakaian terlalu lama, memelihara ikan pemakan jentik, menghindari gigitan nyamuk dan membubuhkan abate.

"Ada tren kenaikkan kasus DBD, warga harus mewaspadainya dengan 4M plus," katanya.

Kristi menyampaikan, kasus DBD biasnya naik pada musim penghujan, terutama pada puncak musim penghujan yang di Temanggung biasa terjadi pada Bulan Januari dan Februari.

Ia mengemukakan, gejala yang akan muncul bila terkena DBD seperti ditandai dengan demam mendadak, sakit kepala, nyeri belakang bola mata, mual dan manifestasi perdarahan, seperti mimisan atau gusi berdarah serta adanya kemerahan di bagian permukaan tubuh pada penderita.

Pada umumnya penderita DBD akan mengalami fase demam selama 2-7 hari, fase pertama 1-3 hari ini penderita akan merasakan demam yang cukup tinggi 40°C.

Kemudian pada fase kedua, penderita mengalami fase kritis pada hari ke 4-5, pada fase ini penderita akan mengalami turunnya demam hingga 37°C dan penderita akan merasa dapat melakukan aktivitas kembali (merasa sembuh kembali) pada fase ini jika tidak mendapatkan pengobatan yang adekuat dapat terjadi keadaan fatal, akan terjadi penurunan trombosit secara drastis akibat pemecahan pembuluh darah (pendarahan).

Di fase ketiga akan terjadi pada hari ke 6-7, penderita akan merasakan demam kembali, fase ini merupakan fase pemulihan, di fase inilah trombosit akan perlahan naik, dan kembali normal.

Ia menyampaikan, bila timbul gejala tersebut untuk ke dokter atau rumah sakit untuk pengobatan. (MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top