Iklan Layanan Masyarakat

Kenalkan PNBP Assessment Center POLRI, Biro SDM Polda Jateng lakukan Sosialisasi

Kamis, 14 Apr 2022 18:38:35 565

Keterangan Gambar : iro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jawa Tengah melakukan sosialisasi PNBP Assessment Center POLRI kepada perwakilan OPD di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung


Temanggung, Media Center – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jawa Tengah melakukan sosialisasi PNBP Assessment Center POLRI kepada perwakilan OPD di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung, Kamis (14/4/2022).

Sosialisasi PNBP Assessment Center POLRI dihadiri oleh Sekda Hary Agung Prabowo, para Asisten Setda, Inspektur, Kepala BKPSDM, para Staff Ahli Bupati, Kabag Hukum, dan perwakilan dari BPKPAD, Dinsos, Dindikpora, Dinpermades, serta Bankesbangpol Kabupaten Temanggung.

Biro SDM Polda Jateng, Zuram menjelaskan, bahwa Assessment Center POLRI terbentuk sejak tahun 2009 di tingkat pusat Mabes POLRI. Zuram juga menjelaskan bahwa dalam POLRI terdapat satu badan yang bertugas untuk menyelenggarakan uji kompetensi.

“Assessment Center POLRI terbentuk sejak tahun 2009 di tingkat pusat Mabes POLRI, dan sudah digelar sampai tingkat Polda serta jajarannya di tahun 2011,” ungkap Zuram.

Ia mengkonfirmasi, bahwa fungsi dari uji kompetensi yang dilakukan oleh Assessment Center POLRI awalnya digunakan untuk keperluan internal. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan permintaan lembaga eksternal, Assessment Center POLRI mulai dikenalkan kepada instansi-instansi lembaga.

“Fungsi dalam uji kompetensi adalah kami melaksanakan assessment untuk internal, namun seiring dengan perkembangan jaman dan kebutuhan beberapa lembaga, assessment kami banyak dikenal oleh banyak instansi lembaga, sehingga kami diminta bantuan untuk mengakses beberapa pejabatnya,” tambahnya.

Selain itu, Zuram menyebut, Assessment Center POLRI memiliki alat ukur yang reliabel dan objektif, yang sudah teruji selama 10 tahun terakhir dan ditunjang dengan 30 tenaga assessor yang telah tersertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Assessment Center POLRI menawarkan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam rangka mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria guna menduduki persyaratan jabatan, melaksanakan identifikasi kader-kader potensial dalam menempati kedudukan tertentu, serta strategi dalam pengembangan komptenesi terhadap para pegawainya.

Hary Agung Prabowo selaku Sekda Kabupaten Temanggung menyambut baik kerjasama dengan Assessment Center POLRI dalam rangka mendapatkan SDM yang tangguh dan berkualitas.

“Saya kira assessment POLRI itu hanya untuk internal, ternyata bisa diluar internal POLRI juga. Ini wacana baru bagi kita sebenarnya. Ke depan kita membutuhkan assessment yang bermutu, sehingga dapat menjaring SDM yang tangguh dan berkualitas di Kabupaten temanggung,” ujarnya. (MC.TMG/anin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top