Iklan Layanan Masyarakat

Dinkopdag Temanggung Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Puasa

Sabtu, 27 Mar 2021 22:30:28 1400

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Sri Haryanto melakukan pemantauan stok dan harga kebutuhan pokok di Pasar Legi Parakan, Jumat (26/3/2021).


Temanggung, MediaCenter - Menjelang datangnya Bulan Ramadhan, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan pemantauan ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok dibeberapa pasar tradisional, Jumat (26/3/2021). 

Dari hasil pantauan di Pasar Legi Parakan, hanya beberapa komoditi, seperti gula pasir dan minyak goreng mengalami kenaikan harga sebesar dua ribu rupiah. Namun harga tersebut masih normal.

Untuk harga gula pasir naik menjadi Rp13.000 perkilo, dari harga sebelumnya Rp11.000. Sedangkan harga minyak goreng naik menjadi Rp15.000, dari harga sebelumnya Rp13.000 perkilo. Sementara untuk harga beras justru mengalami penurunan harga sebesar lima ratus rupiah perkilo, atau dari harga sebelumnya Rp11.000 menjadi Rp10.500 perkilo kualitas premium. Untuk beras kualitas medium dikisaran harga Rp9.000 hingga Rp10.000 perkilo. 

"Ketika musim menjelang puasa ini kita pantau pasar-pasar tradisional di Temanggung, Alhamdulillah harga beras yang kita ketahui di lapangan tidak ada kenaikan, justru untuk beras ada penurunan harga karena bebarengan dengan musim panen," kata Kepala Dinkopdag Kabupaten Temanggung, Sri Haryanto.

Ia mengatakan, Dinkopdag Temanggung akan meningkatkan pemantauan harga dan stok pangan di pasaran. Karena biasanya akan ada lonjakan permintaan barang menjelang puasa maupun lebaran yang bisa menimbulkan gejolak harga dipasaran. Bahkan, Dinkopdag terus memonitor ke daerah-daerah pemasok bahan pangan agar ketersediaan pangan di Temanggung aman hingga lebaran nanti.

"Kita tetap pantau, biasanya suka ada kenaikan. Ini akan kita pantau bersama dengan teman-teman dinas terkait, termasuk Polres dengan tim ketahanan pangannya. Karena yang harus diwaspadai sebenarnya adalah stok pangan, jika stok pangan mencukupi, maka harga akan tetap stabil. Jadi kami akan monitoring stok pangan secara ketat," tegasnya.

Sementara itu, Siti (38) salah seorang pedagang mengatakan kenaikan harga, seperti gula pasir dan minyak goreng itu terjadi dalam sepekan ini.  Namun kenaikan harga masih dalam batas normal.

"Saat ini hanya harga gula pasir dan minyak goreng yang naik, minyak goreng curah saja sampai Rp15.000 perkilo harganya. Sedangkan harga lainnya masih stabil," jelasnya. (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top