Iklan Layanan Masyarakat

Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Terapkan PHBS

Rabu, 15 Mar 2023 22:39:11 1113

Keterangan Gambar : Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Terapkan PHBS


Temanggung, Media Center - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada musim hujan.
 
"Pada musim hujan seperti saat ini, nyamuk aedes aegypti pembawa virus DBD berpotensi berkembang biak, jadi Dinkes Temanggung mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena di sekitar rumah maupun pekarangan masih banyak genangan air, untuk itu masyarakat harus memperhatikan genangan air itu di barang-barang bekas, seperti kaleng, ban, kolam, bak air mandi maupun vas bunga," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Temanggung, dr. Sarjana, Rabu (15/3/2023). 

Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara menguras, menutup, mengubur (3M) barang-barang bekas. 

Bagi masyarakat yang mengalami gejala demam atau panas tubuh hingga lebih dari tiga hari dan timbul bintik-bintik di kulit, segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Kondisi badan harus tetap dijaga kesehatannya, kemudian kebersihan lingkungan sebagai pokok terhindar dari penyakit demam berdarah, selain itu harus memakai pelindung diri, seperti kelambu kamar dan lotion anti nyamuk agar tidak tergigit nyamuk," tegasnya.

Ia menyebutkan, hingga bulan Maret 2023 ini, telah ditemukan 3 kasus deman berdarah, yakni di Desa Tlogorejo, Kecamatan Temanggung dan Desa Greges, Kecamatan Tembarak. Namun setelah mendapat perawatan medis di RSUD Temanggung, ketiga penderita dinyatakan sembuh.

"Ada 3 kasus yang kita temukan di dua desa itu positif terjangkit DBD, 2 orang di Desa Greges dan 1 orang di Desa Tlogorejo. Namun Alhamdulillah, sudah sembuh semua setelah mendapat perawatan medis di RSUD Temanggung," imbuhnya.

Sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan melakukan fogging atau pengasapan di dua desa tersebut. 

"Di Desa Tlogorejo itu sudah kita lakukan dua kali fogging, sementara di Desa Greges baru satu kali, dan rencananya satu pekan lagi kita lakukan fogging kedua," katanya.

Dengan kondisi tersebut, Dinkes Temanggung mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan 3M plus. 

Dinkes juga menugaskan juru pemantau jentik atau jumantik untuk mensosialisasikan kepada masyarakat supaya berperilaku hidup bersih dan sehat. Dengan demikian, penyebaran penyakit DBD di Temanggung dapat teratasi dengan baik. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top