Iklan Layanan Masyarakat

Soropadan Agro Expo 2018, Modernisasi Pertanian Jawa Tengah Menuju Kedaulatan Pangan

Sunday, 29 Jul 2018 15:00:00 132

Temanggung, MediaCenter – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo,SH, M.I.P meresmikan pembukaan Soropadan Agro Expo tahun 2018, Jum’at ( 27/7).

Kegiatan ini dihadiri oleh menteri pertanian yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Infrastruktur Pertanian Kementan Ani Andayani, Menteri Komunikasi dan Informatika yang diwakilkan oleh direktur pemberdayaan industri informatika Dirjen Aptika Santri, anggota Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Jawa Tengah, ketua DPRD dan anggota komisi D Provinsi Jawa Tengah, 10 Gubernur MPU (Mitra Prada Utama), SKPD Provinsi Jawa Tengah, Kepala dinas pertanian Kabupaten dan kota se jawa Tengah, BUMN dan BUMD serta perwakilan kelompok tani.

Dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Yuni Astuti menyampaikan bahwa kegiatan Soropadan Agro Expo ini adalah Gelar Promosi Agribisnis (GPA) yang ke 8 dan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu mulai tanggal 26 sampai tanggal 30 Juli 2018.

Tema Agro Expo kali ini adalah Modernisasi pertanian Jawa Tengah menuju kedaulatan pangan. Tema ini dimaksudkan untuk mendorong pemanfaatan aplikasi teknologi informasi untuk pembangunan pertanian yang ada di Jawa Tengah.

Dalam GPA yang ke 8 ini, peserta yang mengikuti kegiatan terdapat 84 stand yang terdiri dari 58 stand dari SKPD Provinsi dan Kabupaten Kota, 17 stand dari swasta serta 9 stand dari BUMN dan BUMD.

Menurut Yuni Astuti maksud dan tujuan dilaksanakannya GPA yang ke 8 ini ada 5 fungsi yaitu untuk promosi produk dan alat pertanian serta sarana produksi pertanian seperti benih, insektisida dan lain-lain, fungsi pasar yaitu pengadaan lelang hasil pertanian, kemudian fungsi publikasi dan informasi, yang ke empat fungsi edukasi dan yang terakhir adalah berfungsi sebagai tempat rekreasi masyarakat.

Perlu saya sampaikan bahwa GPA  ini juga banyak menarik minat masyarakat, dan dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi dan butuh perhatian pemerintah agar bisa jadi lebih gayeng”, ungkap Yuni Astuti.

Dalam GPA ke 8 ini juga terdapat banyak pameran yang ditampilkan seperti pameran teknologi pertanian, bursa komoditas pertanian unggulan, dan pameran sarana produksi pertanian serta banyak kegiatan-kegiatan lain yang akan diselenggarakan selama 5 hari ini termasuk diadakannya lomba-lomba berhadiah.

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah juga menyampaikan bahwa untuk mengangkat modernisasi pertanian pemerintah akan bekerjasama dengan Kementerian Kominfo untuk mendukung perkembangan pertanian.

Kita akan bekerjasama dengan kominfo untuk mengangkat modernisasi pertanian dan sisi teknologi informasi”, ungkap Ganjar. (MC TMG/Penulis: Aji, Foto: Coeplistyo, Editor: Eknu )

Komentar:

Ketik Komentar

Top