MediaCenter

Wujudkan Sanitasi dan Akses Air Minum Aman, Pemkab Gelar FGD Penyusunan RKT

Kamis, 25 Jul 2024 08:32:03 246

Keterangan Gambar : Wujudkan Sanitasi dan Akses Air Minum Aman, Pemkab Gelar FGD Penyusunan RKT


Temanggung, MediaCenter - Pemkab Temanggung bersama USAID IUWASH Tangguh menggelar FGD Penyusunan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) Periode September 2024 – Oktober 2025 di Aula Sindoro Bappeda Temanggung, Rabu (24/7/2024).

FGD melibatkan perwakilan dari OPD terkait antara lain Bappeda, Dinkes, Dinkominfo, DPPPAPPKB, DPRKPLH, DPUPR, Perumda Air Minum Tirta Agung, TP PKK dan juga tim dari USAID IUWASH Tangguh yang menjadi mitra dalam pengelolaan sanitasi dan akses air minum aman.

Wirawan, Kepala Bidang Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman DPRKPLH Temanggung menyampaikan, FGD tersebut dilaksanakan dalam rangka membahas rencana kegiatan tahunan untuk mewujudkan sanitasi dan akses air minum aman di Kabupaten Temanggung.

“DPRKPLH akan melakukan pendampingan, kaitannya dengan program pengelolaan sanitasi, dan juga pendampingan DAK Sanitasi. Di tahun 2024 ini ada dua desa replikasi program USAID IUWASH Tangguh, yaitu Desa Samiranan dan Desa Joho,” jelasnya. 

Lebih lanjut disampaikan, tahun ini DPRKPLH akan membangun 1.006 SPAL DS yang berada di 18 desa dan 1 kelurahan. Diharapkan pembangunan bisa selesai tepat waktu sehingga bisa segera digunakan. 

“Setelah jamban digunakan, paling tidak 3 tahun kedepan jamban harus dilakukan penyedotan. Untuk itu, kami akan berkolaborasi dengan UPT Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) untuk bisa menyedot secara berkala,” tambahnya. (sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top