Iklan Layanan Masyarakat

Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Kabupaten Teman

Wednesday, 06 Jun 2018 15:34:00 1284

Keterangan Gambar : Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Kabupaten Temanggung


Temanggung, MediaCenter – Tim penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Temanggung melaksanakan rapat pembentukan Pokja (kelompok kerja) bertempat di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Selasa (5/6).

Menurut Sumarlinah selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkominfo, dalam kegiatan ini tim membagi Pokja menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kerja pendataan dan sistem yang diketuai oleh Plt. Kepala Dinkominfo, kelompok kerja bantuan sosial dan pemberdayaan masyarakat diketuai oleh Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, kelompok kerja pemberdayaan ekonomi mikro dan kecil yang diketuai oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop), kelompok kerja pengembangan kemitraan masyarakat dan dunia usaha yang diketuai oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan kelompok kerja pengaduan masyarakat diketuai oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Masing-masing Pokja mempunyai tugas yang sudah ditentukan agar sistim informasi kemiskinan di Kabupaten Temanggung dapat terdata dengan tepat sasaran. Dalam kegiatan ini masing-masing dinas terkait diwajibkan untuk membuat rencana program kerja 5 tahunan yang akan digunakan sebagai dasar rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) daerah tahun 2018/2023.

Hasil rapat yang dilaksanakan maka diputuskan program kerja antara lain melaksanakan updating data terpadu penanggulangan fakir miskin, mengintegrasikan data terpadu penanggulangan fakir miskin dengan data yang ada di sistem informasi kesejahteraan sosial next generation, pengembangan sistim informasi terintregasi, pemanfaatan media informasi, pelaksanaan desiminasi informasi, fasilitasi penanganan pengaduan masyarakat.

Dari enam program ini nanti akan di breakdown kedalam kegiatan-kegiatan yang akan dirumuskan pada tanggal enam Juni oleh tim kecil, kemudian tujuan diadakannya rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi dari masing-masing anggota kelompok agar bisa membuat rencana kegiatan lima tahunan dan disepakati ada enam kegiatan yang akan menjadi prioritas utama sehingga penanggulangan kemiskinan dikabupaten Temanggung ini menggunakan basic data yang valid  ”, ungkap Sumarlinah. (MC TMG/Penulis, Foto: Aji/ Editor:Ekape )

Pencarian:

Komentar:

Top