Iklan Layanan Masyarakat

6000 Usaha Mikro dan Kecil Terdampak Covid-19 Akan Terima Bantuan

Sabtu, 30 Mei 2020 08:58:53 387

Keterangan Gambar :


Temanggung, Mediacenter - Sebanyak 6000 lebih pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil yang terdampak pandemik Korona tahun ini akan menerima bantuan senilai Rp 4,9 miliar dari APBD Kabupaten Temanggung. Selain bantuan tersebut juga akan ada bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Temanggung Rony Nurhastuti, Kamis (28/5/2020), di Temanggung.

"Sejumlah 6000 lebih, itu sudah semua usaha mikro dan kecil yang ada di Temanggung. Mereka semua terdampak Covid-19. Nanti akan ada bantuan dari APBD senilai Rp 4,9 miliar", kata Rony.

Usaha Mikro dijelaskan Rony dalam kategori mereka yang memulai usaha dengan modal antara nol hingga Rp 50 juta. Sedangkan Usaha Kecil adalah pelaku usaha yang memulai usahanya dengan modal awal di atas Rp 50 juta hingga Rp 1 miliar. Pengusaha dengan modal lebih dari batas modal itu masuk kategori usaha menengah dan besar.

"Untuk usaha menengah dan pengusaha besar, meski terdampak Covid-19 tetap tidak akan diberi bantuan. Mereka kita anggap akan mampu berdiri kembali dengan upaya sendiri. Bantuan hanya akan diberikan pada Usaha Mikro dan Usaha Kecil",  kata Rony.

Suherman (50 Th) salah seorang pelaku usaha penyewaan mainan anak di Kecamatan Kranggan mengaku memulai usahanya dengan modal hingga sekitar Rp 100 juta sejak lebih dari 10 tahun. Kini usahanya sama sekali tidak beroperasi karena terdampak pandemik Korona sejak tiga bulan terakhir. Kini ia bahkan kesulitan untuk menghidupi dirinya dan keluarganya dan belum menerima bantuan dari pemerintah.

"Soalnya tidak ada penyewa yang datang, sehingga sama sekali tidak ada pemasukan. Jadi sementara usahanya ditutup, semua peralatan saya pindahkan ke rumah pribadi", ujar Suherman yang ditemui Jumat (29/5). (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top