Iklan Layanan Masyarakat

Waspada Penipuan, Oknum Mengatasnamakan PLN Gunakan Modus Penggantian ID Pelanggan

Selasa, 04 Apr 2023 12:10:09 7405

Keterangan Gambar : Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Temanggung Yusuf Hendro Baskoro


Temanggung, MediaCenter – Belakangan ini marak penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Dengan modus melakukan penggantian id pelanggan kepada warga, para oknum akan memanfaatkan kelengahan warga dan memungut biaya dengan kisaran Rp. 400.000.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Temanggung Yusuf Hendro Baskoro menerangkan, berdasarkan informasi yang diterima, kejadian pertama dilaporkan terjadi pada 30 Maret 2023 yang terjadi di wilayah Desa Campursari, Kecamatan Bulu yang masuk di wilayah kerja PLN ULP Parakan.

Selanjutnya, kejadian serupa juga dilaporan melalui aplikasi PLN Mobile, yang terjadi di wilayah kerja PLN ULP Temanggung. Ia menegaskan, layanan PLN kepada pelanggan semuanya tidak dikenakan biaya, baik terkait penanganan gangguan maupun kegiatan lainnya. 

“Terkadang kami melakukan pendataan terhadap pelanggan, jika terjadi perpindahan rumah, sehingga nama yang tertera pada id pelanggan meter tidak lagi sama dengan pemilik rumah akan kami update secara berkala. Pendataan seperti itu tidak dikenakan biaya, dan setiap petugas, kami lengkapi identitas, seragam dan surat tugas,” jelasnya, Selasa (4/4/2023).

Terkait penggantian id pelanggan, ia menjelaskan, bahwa ketika individu atau badan berlangganan listrik ke PLN, maka id pelanggan yang diberikan saat awal pasang meter akan melekat sampai yang bersangkutan berhenti berlangganan dan tidak bisa diganti, kecuali yang bersangkutan mengajukan permohonan berhenti berlangganan, kemudian mengajukan pasang baru, maka akan mendapatkan id pelanggan yang berbeda dari sebelumnya.

“Yang bisa dilakukan penggantian saat kita menjadi pelanggan PLN hanya dua, yakni penggantian nama yang bisa terjadi, karena jual beli aset (bangunan dan rumah) dan penggantian alamat,” terangnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menginformasikan ke grup internal PLN ULP Temanggung dan broadcast melalui status Whastapp. Selain itu, juga berkoordinasi dengan para Camat dan Kepala Desa di wilayah kerja PLN ULP Temanggung.

Pihaknya juga sudah melaporkan kejadian tersebut ke Polres Temanggung, dari pihak Polres juga sudah memberikan atensi penuh dan akan menindak kepada oknum apabila ditemukan pelanggaran.

“Selain pembayaran tagihan listrik, layanan lainnya dari PLN tidak dipungut biaya setelah menjadi pelanggan, baik terkait layanan gangguan, pendataan pelanggan, pasang baru, ubah daya dan migrasi, selain dari biaya penyambungan tidak dipungut biaya apapun,” imbuhnya.

Untuk itu, ia mengimbau apabila ada oknum yang mengatasnamakan PLN, jika tidak dapat menunjukkan surat tugas dan bukti identitas, baik terkait perubahan id pelanggan, maupun modus lainnya, bisa diabaikan permohonannya dan apabila memungkinkan untuk melaporkan kepada pihak berwenang atau ke PLN melalui Call Center PLN (0293) 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload melalui Playstore untuk ponsel Android dan Appstore untuk ponsel Iphone.

“Kami imbau untuk seluruh pelanggan PLN untuk tetap berhati-hati, karena oknum seperti ini marak dan akan memanfaatkan titik lengah.  Apabila ada kebutuhan layanan PLN bisa ditanyakan kepada PLN dan tidak tergantung pada oknum yang dikenal piawai dalam hal kelistrikan, tetapi bukan berarti termasuk bagian dari petugas PLN,” tandasnya. (MC TMG/sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top