Iklan Layanan Masyarakat

Tips Berkendara Aman Menempuh Perjalanan Arus Balik Lebaran 2022

Sabtu, 07 Mei 2022 08:18:06 578

Keterangan Gambar : Petugas memeriksa kelayakan kendaraan untuk arus balik pada Lebaran 2022


Temanggung, MediaCenter -  Tiba di tempat tujuan pada perjalanan arus balik menjadi dambaan. Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung mengingatkan sejumlah tips berkendara aman dalam menempuh perjalanan pada arus balik Lebaran 2022. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung Supriyanto berharap warga dapat menerapkan tips aman pada arus balik Lebaran 2022, sehingga selamat sampai tujuan.

Menurutnya untuk menempuh perjalanan panjang seperti pada arus balik Lebaran 2022 yang utama adalah memastikan kesehatan dan kelayakan kendaraan. 

"Pastikan kesehatan sebelum menempuh perjalanan. Kendaraan juga layak dalam menempuh perjalanan," kata Supriyanto, Jumat (6/5/2022) sore.

Ia mengemukakan, kondisi kesehatan harus dipastikan, apalagi bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu. 

"Kadang merasa sehat, tetapi harus memastikan kondisi fit atau prima. Siapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan," imbuhnya. 

Ia mengatakan untuk prima atau sehat, dipengaruhi asupan makanan. Maka itu direkomendasikan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas dan bersantan. 

Warga disarankan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga, belimbing, atau apel. 

"Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina tetap terjaga selama berkendara," katanya.

Ditambahkan olehnya, tips aman lainnya adalah jika di perjalanan kemacetan lalu lintas terjadi, maka harus bisa mengontrol emosi. 

Kontrol emosi diperlukan, agar tidak lekas lelah, baik fisik maupun psikis.

"Pengendara juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama berkendara," ungkapnya.

Pengemudi juga disarankan untuk beristirahat tiap 4 jam perjalanan. Penelitian menyebutkan seseorang yang mengemudi lebih dari 4 jam akan terjadi penurunan kesigapan tubuh maupun respons tubuh, sehingga rawan untuk terjadi kecelakaan.

"Pengemudi bisa istirahat di rest area atau tempat yang nyaman dan aman. Usahakan tidur atau istirahat minimal 15-30 menit," katanya. 

Pengemudi atau warga bisa memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan di Puskesmas, atau pos kesehatan yang biasanya menyatu dengan Pos Pengamanan Lebaran, bila di tengah perjalanan sakit. 

Supriyanto mengatakan, kondisi kendaraan harus dipastikan layak dan tidak ada kendala diperjalanan, terutama dalam menepuh jalur yang akan dilalui. Siapkan peralatan untuk perbaikan atau menangani kendaraan jika ada kejadian di jalan. 

"Peralatan ini seperti dongkrak, kunci-kunci dan jika mungkin sparepart," jelasnya.

Ia menambahkan, perlunya mengetahui nomor telepon, lokasi bengkel atau layanan servis pabrikan di seputar jalur yang ditempuh. (MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top