Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik, Almatera Kunjungi Radio eRTe FM

Selasa, 24 Jan 2023 16:55:01 55

Keterangan Gambar : Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik, Almatera Kunjungi Radio eRTe FM


Temanggung, Media Center – MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung (Almatera) bersama siswa kelas literasi mengunjungi LPPL Radio Temanggung (eRTe FM). Kegiatan tersebut dimaksudkan agar siswa lebih paham dengan jurnalistik dan penyiaran berita secara langsung bersama praktisi penyiar radio dan wartawan di studio eRTe FM, Selasa (24/1/2023).

Tidak kurang dari 20 siswa, berbondong-bondong berkunjung ke eRTe FM, ditemani oleh guru pendamping yang diharapkan setelah adanya kunjungan tersebut, siswa dapat lebih paham tentang kegiatan literasi. Almatera mempunyai 3 kelas jurusan, diantaranya kelas literasi, riset dan tahfidz dan siswa dari kelas literasi diwajibkan untuk melakukan kunjungan, sehingga tahu dasar-dasar literasi.

“Yang penting anak kenal dulu dunia literasi itu bagaimana dan kita arahkan ke eRTe FM. Untuk media-media yang lain, mungkin kita nanti akan melakukan kerjasama lebih lanjut lagi,” ungkap Abdul Rouf selaku pendamping kelas literasi Almatera.

Abdul Rouf mengatakan, bahwa siswa kelas literasi diharapkan mampu membuat karya seperti puisi, cerpen sampai dengan mampu public speaking. Ia juga berharap, dengan adanya kelas literasi tersebut siswa dapat menguasai materi, karena sudah mendapat dasar-dasarnya di kegiatan tersebut.

“Untuk anak sendiri yang penting anak tahu literasi itu apa saja. Nah untuk nanti di dunia kerja mungkin, karena mereka sudah memiliki ilmunya, nanti bisa tinggal menerapkan saja,” imbuhnya.

Salah satu siswa Almatera kelas literasi, Muhammad Benzema mengatakan, dalam kunjungannya bersama teman sekelasnya mendapatkan materi tentang penulisan berita, jenis-jenis berita dan apa saja yang harus dilakukan dalam menulis berita.

Dalam kunjungannya, Benzema berkesempatan untuk mempraktekkan perekaman suara atau voice over yang dibantu oleh tim eRTe FM. Benzema mengaku agak canggung, karena baru kali pertama melakukan voice over. Selain mendapatkan materi, para siswa juga diwajibkan menyelesaikan tugas berupa penulisan berita dengan memperhatikan unsur dan cara penulisannya.

“Saya jadi tambah mengerti berita dan bisa menyaring berita yang benar dan yang hoak sampai dengan mengetahui sumber-sumbernya,” pungkasnya. (MC TMG/Chy;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top