Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Ekonomi, Baznas Temanggung Salurkan Bantuan Kambing

Rabu, 24 Mei 2023 08:44:51 532

Keterangan Gambar : Tingkatkan Ekonomi, Baznas Temanggung Salurkan Bantuan Kambing


Temanggung, Media Center - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menyalurkan ternak kambing sebagai bantuan permodalan untuk meningkatkan perekonomian warga, Selasa (23/5/2023). 

Bantuan di bidang peternakan tersebut dinilai lebih mudah berkembang dengan biaya pemeliharaan yang murah. Sebab, sasaran yang mendapat bantuan ini adalah warga yang tinggal di daerah-daerah potensi untuk pengembangan kambing. Kali ini sebanyak 30 ekor kambing diterima 10 warga di Desa Sunggingsari, Kecamatan Parakan. 

"Baznas Temanggung menyalurkan bantuan permodalan berupa ternak kambing. Kali ini bantuan diterima 10 warga di Desa Sunggingsari," kata Ketua Baznas Temanggung, Manshur Asnawi, Selasa (23/5/2023).

Ia mengatakan, di tahun 2023 ini, pihaknya telah menyiapkan 20 lokasi sebagai penerima bantuan ternak kambing. Masing-masing lokasi akan menerima bantuan 30 ekor kambing.

"Setiap lokasi kita salurkan 30 ekor kambing, dan satu penerima bantuan itu mendapat tiga ekor kambing untuk kemudian dikembangbiakkan," imbuhnya.
 
Bantuan ternak kambing diharapkan dapat memberi efek dan pemberdayaan ekonomi keluarga bagi para penerima. 

"Karena syaratnya ini harus dikembangkan, bukan untuk dijual. Jadi nanti yang boleh dijual itu peranakannya, dan dijual pun boleh kalau untuk biaya pendidikan anak-anaknya, baik pendidikan di ponpes, maupun pendidikan formal," tegasnya. 

Sumardi, salah satu penerima bantuan mengapresiasi upaya Baznas Temanggung untuk menunjang perekonomian masyarakat kecil. Karena dengan beternak kambing ini mudah untuk dijual untuk kebutuhan pendidikan anaknya. 

Selain itu, beternak kambing juga mudah dalam pemeliharaan, karena di daerahnya banyak sekali pakan ternak.

"Ini buat menambahkan modal usaha, khususnya kami peternak kambing yang belum punya modal, ini bantuan dijadikan modal usaha yang pertama," katanya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top