Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Raih Peringkat 4 Hasil Evaluasi Smart City 2022

Kamis, 05 Jan 2023 17:28:35 373

Keterangan Gambar : Temanggung Raih Peringkat 4 Hasil Evaluasi Smart City 2022


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung meraih peringkat 4 dalam Penilaian Evaluasi Smart City se-Indonesia, tepat di bawah Kota Surabaya (3,41), Kabupaten Wonogiri (3,31), dan Kabupaten Karanganyar (3,15). 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Samsul Hadi, saat ditemui Kamis (5/1/2022) menyampaikan, bahwa Pemkab Temanggung mendapatkan Nilai Evaluasi  Implementasi Smart City 3,11 pada Tahun 2022.

"Alhamdulillah, Kabupaten Temanggung berkat koordinasi dari Dinkominfo dan Bappeda, serta didukung oleh seluruh OPD terkait untuk mengisi assessment. Setelah diisi, kemudian dilakukan evaluasi oleh Kementerian Kominfo dari total 38 kabupaten/kota yang telah mengisi self assessment," jelasnya. 

Adapun implementasi Program Smart City yang dilakukan Pemkab Temanggung antara lain aplikasi TEBAS (Temanggung Bebas Sampah) yang dapat diakses melalui Android, Inovasi Shibiru (Pewarna Batik Ecoprint Smart Living), Program Sabuk Gunung, aplikasi Temanggung Gandem, SiDEDI (Sistem Informasi Desa Digital), Temanggung Gandem Pol, Pelayanan Adminduk Dindukcapil, dan aplikasi lain yang bermanfaat bagi masyarakat.  

"Sebagaimana kita ketahui, bahwa Program Smart City memang diinisiasi oleh Kementrian Kominfo untuk mendorong kabupaten/kota di seluruh Indonesia menjadi kota cerdas. Kabupaten Temanggung di tahun 2021 kemarin sudah mengambil peran untuk tahap awal, yaitu disusunnya Master Plan Smart City. Kemudian di tahun 2022 ini adalah tahun pertama implementasi. Implementasi ini tentu masih dalam pengawalan dari Kementerian melalui self assessment dengan mengisi aplikasi base data yang diperlukan," tambahnya. 

Meski mendapatkan peringkat atas, Samsul Hadi menyampaikan, bahwa tidak ada pemberian penghargaan khusus seperti tahun sebelumnya. 

"Namun demikian, berdasarkan info yang kami terima dari Kementerian tidak serta-merta memberikan penghargaan di tahun ini. Jadi semua program Smart City ini tidak diberikan penghargaan secara khusus seperti tahun 2021. Kita berharap evaluasi di tahun berikutnya kita bisa menjadi yang terbaik," pungkasnya. (MC TMG/nin;sv;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top