Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terinovatif IGA 2020

Sabtu, 19 Des 2020 19:59:59 922

Keterangan Gambar : Malam puncak IGA digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat (18/12/2020).


Temanggung, MediaCenter – Kabupaten Temanggung menjadi salah satu Pemerintah Daerah (Pemda) yang mendapatkan Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 dengan kategori Kabupaten Terinovatif.

Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Temanggung Ripto Susilo, pada malam puncak IGA, yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Ripto menjelaskan, IGA merupakan kompetisi pelaksanaan inovasi daerah yang diselenggarakan oleh Kemendagri yang bertujuan untuk memacu Pemerintah Daerah, baik dilevel pemerintah kabupaten/kota maupun pemerintah provinsi untuk berinovasi. 

“Kompetisi ini rutin dilakukan setiap tahun, untuk pemerintah daerah yang inovatif akan diberikan penghargaan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, penilaian kompetisi inovasi ini berbasis elektronik yang dilandaskan pada data yang diinput dan memunculkan skor/nilai Indeks Inovasi Daerah. Proses penilaiannya juga melibatkan kementerian dan lembaga terkait yaitu Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Dalam pengukurannya, Indeks Inovasi Daerah mengacu pada 35 indikator. Jumlah ini terbagi ke dalam dua aspek, yaitu 14 indikator merujuk pada satuan pemerintah daerah yang bersifat umum yaitu berisi data visi misi, kelembagaan, jumlah inovasi dan sebagainya, serta 21 indikator satuan inovasi yang lebih mengarah pada pengukuran kualitas serta dampak inovasi yang dilakukan daerah, seperti adanya payung hukum, agenda bimbingan teknis, informasi mengenai layanan, jajak pendapat masyarakat, dan beberapa data lainnya” jelasnya.

Ripto menambahkan, Kabupaten Temanggung mulai berpartisipasi dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah pada Tahun 2018 dengan meraih predikat Inovatif dan mendapat peringkat 46 untuk kategori kabupaten, kemudian di Tahun 2019 meraih kembali predikat Inovatif dengan peringkat 112 untuk kategori kabupaten/kota dan di Tahun 2020 ini Kabupaten Temanggung berhasil meraih sepuluh besar Pemerintah Daerah Terinovatif tingkat kabupaten. 

"Semoga dengan hasil ini dapat memberikan semangat, khususnya bagi Pemkab Temanggung untuk lebih berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (MC.TMG/BappedaTmg;Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top