Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Kembali Dilanda Puting Beliung, Pj. Bupati Minta Kesiapsiagaan

Senin, 23 Okt 2023 14:20:38 283

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Hary Agung Prabowo meninjau lokasi yang terkena bencana angin puting beliung, di Desa Kemiri, Kecamatan Kaloran, Minggu (22/10/2023)


Temanggung, MediaCenter - Bencana angin puting beliung kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Temanggung, antara lain di Kecamatan Kaloran, Kandangan, Parakan, Bansari, dan Kledung, pada Sabtu (21/10/2023). Angin besar yang muncul pada sore hari itu sempat membuat panik warga dan merusakkan bangunan rumah warga, hingga menumbangkan pepohonan. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo mengatakan, ke depan harus ada langkah preventif secara menyeluruh hingga tingkat desa/kelurahan untuk diteruskan kepada masyarakat. Mengingat saat ini masuk musim pancaroba dari kemarau menuju musim penghujan, sehingga bagi Kabupaten Temanggung yang masuk kawasan pegunungan rawan diterpa angin puting beliung. Hary Agung mengatakan, hal tersebut kepada awak media saat meninjau lokasi terdampak bencana angin puting beliung di Desa Kemiri, Kecamatan Kaloran, Minggu (22/10/2023).  

"Ada tindakan preventif, nanti kita akan memberikan surat kepada seluruh camat, agar meneruskan kepada kepala desa, bahwa saat ini masuk musim pancaroba dari musim kemarau ke hujan, di mana daerah Temanggung itu rawan angin puting beliung. Harus ada kesiapsiagaan, tanggap, baik itu BPBD, Dinas Sosial harus segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat," ujarnya. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo, bersama Pj. Sekda Agus Sujarwo, Dandim Letkol Inf Sriyono, dan lain-lain meninjau lokasi yang dilanda bencana angin puting beliung di Desa Kemiri, dan Tempuran, Kecamatan Kaloran, Minggu (22/10/2023)  siang. Secara simbolis Pj. Bupati beserta rombongan menyerahkan bantuan logistik kepada korban, dan menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah warga yang rumahnya rusak, termasuk Saroni korban yang mengalami patah tulang pada bahu kanan akibat tertimpa pohon. 

Di Kemiri ada 74 rumah rusak, bangunan umum 3 unit, tempat usaha 3 unit. Puting beliung yang melanda sejumlah wilayah di Temanggung terjadi pada Sabtu (21/10/2023), selain di Kaloran, juga dilaporkan melanda Kecamatan Bansari, Parakan, Kledung. 

Dikatakan, saat ini telah memasuki musim pancaroba, sehingga masyarakat harus lebih waspada. Ciri musim pancaroba antara lain, terjadi hujan lebat dengan durasi singkat disertai petir, angin kencang, cuaca berubah secara cepat, cuaca cerah pada pagi hari, sangat terik pada siang hari lalu hujan pada siang atau sore hari, kemudian ada kemunculan angin puting beliung.

"Tadi sudah kita assesment, nanti akan ditindaklanjuti BPBD mana saja yang memang harus diberikan bantuan, seperti rumah rusak, termasuk bantuan logistik. Kami imbau warga untuk lebih berhati-hati, karena ini pancaroba, nanti desa punya siap siaga, BPBD punya tanggap darurat, agar jika ada kejadian bisa segera ditangani,"katanya. (MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top