Iklan Layanan Masyarakat

SMPN 6 Temanggung Gelar Karya Seni, Budaya dan Kuliner Daerahku

Sabtu, 14 Jan 2023 13:31:20 468

Keterangan Gambar : SMPN 6 Temanggung Gelar Karya Seni, Budaya dan Kuliner Daerahku


Temanggung, Media Center - SMP Negeri 6 Temanggung menggelar kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan topik kearifan lokal bertemakan ‘Seni, Budaya dan Kuliner Daerahku’ bertempat di Lapangan SMPN 6 Temanggung, Sabtu (14/01/2023).

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Agus Sudjarwo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Saltiyono Atmadji, Kepala SMPN 6 beserta jajarannya dan tamu undangan juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, anak-anak zaman sekarang lebih akrab dengan teknologi, tidak terlepas dari gadget, sehingga ketergantungan ini membuat anak-anak malas bergerak. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan penguatan profil pelajar Pancasila dengan muatan tradisional jaran kepang di SMPN 6 Temanggung yang sangat positif, dan bisa menjadi alternatif kegiatan remaja. Hal tersebut disampaikan Bupati ketika memberikan sambutan. 

“Dengan penguatan seni tradisional, saya berharap anak-anak bisa lebih belajar berkesenian dan tampil dalam nuansa kesenian tradisional, karena kebetulan Temanggung ini sangat kuat dengan kesenian jarang kepang, hampir tiap desa mempunyai kesenian tersebut,” kata Bupati. 

Lembaga pendidikan sudah sepatutnya berpartisipasi dalam memperkuat karakter siswa-siswinya, salah satunya dengan kesenian dan kebudayaan, agar anak didik bisa mengurangi kecanduan terhadap gadget. 

“Pemkab Temanggung sudah mulai merintis kegiatan jarang kepang di SD dan SMP, yang dilakukan dengan berbagai perlombaan dan juga dengan ektrakurikuler tradisional. Harapan ke depan memiliki muatan lokal yang bernuansa kebudayaan lokal khas Kabupaten Temanggung, sehingga siswa-siswi memahami betul sebagai warga Temanggung mempunyai ciri khas kebudayaan tertentu,” imbuhnya. 

Bupati juga berharap, selain kesenian, sekolah-sekolah mulai mengadopsi kegiatan-kegiatan terkait dengan kecintaan terhadap lingkungan hidup, agar siswa-siswi mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan hidup. 

Ditambahkan, oleh Kepala SMPN 6 Temanggung Agus Budi Susilo, bahwa SMPN 6 ini bukan SMP penggerak, tetapi dengan dukungan bapak, ibu guru dan wali murid, akan mencoba secara maksimal agar bisa seperti sekolah penggerak dalam hal memberikan layanan, maupun kegiatan di sekolah. 

“Sudah satu semester ini kami mempunyai kegiatan, salah satunya Sabtu asyik, dimana kegiatan ini memberikan kesempatan, sarana maupun prasarana kepada siswa untuk bisa mengembangkan kemampuannya di bidang non akademis, baik seni, budaya maupun yang lainnya. Sehingga ketrampilan nantinya bisa menjadi bekal untuk kreatif dan inovatif,“ tandasnya. (MC.TMG/Tfa;Vit;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top