Iklan Layanan Masyarakat

Serahkan Lima SK Desa Wisata, Pj. Bupati Harapkan Pertumbuhan Wisata dan UMKM

Kamis, 19 Okt 2023 07:52:54 161

Keterangan Gambar : Serahkan Lima SK Desa Wisata, Pj. Bupati Harapkan Pertumbuhan Wisata dan UMKM


Temanggung, MediaCenter - Pj. Bupati Temanggung menyerahkan SK Desa Wisata  kepada 5 (lima) desa terpilih, yakni Desa Kaloran, Bansari, Tlilir, Kembangsari, dan Gedongsari. Penyerahan SK dilaksanakan di Ruang Gajah, Komplek Pendopo Jenar, pada Selasa (17/10/2023) siang. 

Dengan bertambahnya 5 Desa Wisata yang telah ditetapkan, Kabupaten Temanggung total memiliki 28 Desa Wisata yang diharapkan mampu menarik wisatawan domestik, maupun mancanegara, sehingga juga dapat memperkuat UMKM. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo dalam arahannya menyampaikan, bahwa dengan ditambahkannya 5 Desa Wisata di Kabupaten Temanggung ini tidak menjadi acuan penerimaan bantuan dari Pemerintah Pusat. Namun, juga menjadi penyemangat untuk terus mengembangkan inovasi wisata daerah yang disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing. 

"Ada lima desa yang menjadi Desa Wisata. SK ini jangan jadi acuan sebagai bantuan dari Pemerintah Pusat, tetapi bagaimana kita bisa mengembangkan sesuai dengan kearifan lokal. Tidak dapat dipungkiri, Borobudur-Dieng itu merupakan jalur wisata yang luar biasa dan berkelas nasional. Kabupaten Temanggung tidak hanya menjadi kawasan untuk transit saja, tetapi juga sebagai tujuan wisata dengan program one-day tourism atau bahkan two-days tourism," ungkap Pj. Bupati. 

Pemerintah Daerah mendukung geliat pertumbuhan Desa Wisata dengan mengupayakan pembangunan sarana prasarana akses jalan dan infrastruktur di sekitar kawasan Desa Wisata. 

"Saya upayakan bahwa sarana prasarana jalan dan infrastruktur itu bisa masuk ke desa semuanya dengan baik. Infrastrukturnya kita perbaiki supaya akses ke tempat wisatanya juga bagus, sehingga lebih banyak wisatawan yang datang," tambahnya. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo terus mendorong dan meminta kepada Desa Wisata di Kabupaten Temanggung untuk terus mengembangkan potensi wisata, sehingga tidak stuck dan dapat memperkuat UMKM di Kabupaten Temanggung. 

"Bagaimana dikembangkan inovasi, bahwa dengan berkembangnya Desa Wisata itu juga memperkuat UMKM kita. Saya minta Desa Wisata jangan stuck, kembangkan potensi dengan baik," tandasnya. (MC.TMG/nin;sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top