Iklan Layanan Masyarakat

Seminar Kelitbangan Bappeda, Dorong Pengembangan Inovasi Daerah

Selasa, 20 Des 2022 16:16:53 304

Keterangan Gambar : Seminar Kelitbangan Bappeda, Dorong Pengembangan Inovasi Daerah


Temanggung, MediaCenter - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung melalui Bidang Litbang menggelar Seminar Kelitbangan dengan mengundang perwakilan Perangkat Daerah (PD), kecamatan dan akademisi yang dilaksanakan di Aula Progo Bappeda, Selasa (20/12/2022). 

Seminar Kelitbangan bekerjasama dengan tenaga ahli akademisi dari Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang, yakni Prof. Saratri Wilonoyudho,  yang memaparkan kajian tentang Pemetaan Daya Saing Daerah (PDSD) serta DR. Holi Bina Wijaya yang mengkaji tentang Indeks Kinerja Pembangunan Daerah. 

Sanento Budhi Setiawan, Sekretaris Bappeda dalam sambutannya menyebutkan, Seminar Kelitbangan yang digelar bertujuan untuk menyampaikan informasi hasil-hasil kelitbangan yang sudah dilaksanakan pada Tahun 2022.

Sepanjang Tahun 2020 hingga 2021, Bappeda Temanggung telah mencatat sebanyak 162 Inovasi (6 inovasi digital, 117 inovasi non-digital, serta 39 inovasi teknologi). 

"Terkait dengan hasil pengkajian kelitbangan tersebut adalah berkaitan dengan kajian analisis Indeks Kinerja Utama (IKU) Pembangunan Daerah. Jadi ada delapan indeks yang diukur, yaitu: Indeks Pembangunan Pemuda, Indeks Gotong Royong, Indeks Toleransi, Indeks Rasa Aman, Indeks Pembangunan Olahraga, Indeks Pembangunan Kebudayaan, Indeks Kemudahan Berusaha, serta Indeks Perencanaan Pembangunan Daerah," ungkapnya. 

Ia juga menerangkan, bahwa dari delapan indeks dalam IKU, Pemkab Temanggung hampir memenuhi semua target di Tahun 2022. Masih terdapat satu Indeks yang belum tercapai, yakni Indeks Pembangunan Olahraga yang masih kurang 0,23 poin. 

Meski masih terdapat satu indeks yang belum mencapai target, Sanento menegaskan pihaknya akan mengupayakan perbaikan pada aspek-aspek yang ada kaitannya dengan Indeks Pembangunan Olahraga. 

"Harapannya kedepan terkait dengan kekurangan di aspek itu nanti akan kami cari jalan keluarnya bersama-sama. Semoga nanti di tahun kedepan, delapan Indeks Kinerja Utama (IKU) dapat tercapai semuanya," jelasnya. 

Sehari sebelum pelaksanaan Seminar Kelitbangan, Pemkab Temanggung meraih Juara Pertama terkait dengan aspek Ekosistem Inovasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut juga disampaikan oleh Sanento. 

"Semoga terkait dengan hasil-hasil kelitbangan ini tidak hanya menjadi sebatas kajian dalam bentuk dokumen, tetapi juga terus dikompetisikan oleh Perangkat Daerah terkait, yang akan menjadi tolok ukur peningkatan pembangunan daerah," pungkasnya. (MC.TMG/nin;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top