Iklan Layanan Masyarakat

Sekda Terima Audiensi BBPMP Provinsi Jateng

Jumat, 11 Agu 2023 10:16:24 296

Keterangan Gambar : Sekda Terima Audiensi BBPMP Provinsi Jateng


Temanggung, MediaCenter - Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Hary Agung Prabowo menerima audiensi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah, Rabu (9/8/2023). 

Sekda Hary Agung Prabowo menyambut baik audiensi oleh BBPMP yang berfokus membahas tentang optimalisasi capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada Program Merdeka Belajar. Sebelumnya, Kabupaten Temanggung menerima Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbud Ristek Tahun 2023 pada kategori Transformasi Anggaran dan Regulasi. Pencapaian inilah yang mendasari audiensi BBPMP Provinsi Jawa Tengah untuk memberikan pendampingan kepada Kabupaten Temanggung untuk memaksimalkan capaian SPM tersebut. 

"Sebenarnya ini adalah tugas kita semua untuk mengawal Standar Pelayanan Minimal, utamanya di bidang pendidikan. Terkait dengan capaian SPM Pendidikan ini, kami berharap Kabupaten Temanggung paling tidak bisa mencapai status Tuntas Madya, karena di Jawa Tengah ini baru ada satu yang mencapai Tuntas Madya, yaitu Kota Magelang. Mudah-mudahan Kabupaten Temanggung status capaian SPM Pendidikan bisa menjadi Tuntas Madya mengingat banyaknya program kegiatan yang selama ini sudah dilakukan. Bahkan Kabupaten Temanggung ini telah mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud Ristek dengan kategori yang sangat mentereng, yaitu Transformasi Anggaran dan Regulasi," tutur Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti. 

Untuk memayungi semua aktifitas pendidikan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung, Nugraheni menginisiasi adanya Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala Daerah agar semua aktifitas pendidikan yang dilaksanakan merupakan kebijakan dari Bupati Temanggung. 

"Tentu saja itu akan menjadi nilai positif bagi kita, utamanya di Kabupaten Temanggung agar kami dapat menyajikan ke Kementerian, bahwasannya seluruh OPD yang ada di Kabupaten Temanggung ini berintegrasi, berkoneksi, dan berkolaborasi di bawah payungnya Bapak Bupati," tambahnya. 

Menanggapi usulan dari Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah, Sekda Hary Agung Prabowo menyambut baik inisiasi tersebut dan mendukung untuk bergerak dan bersinergi bersama dalam rangka mencapai target status SPM Pendidikan dengan Tuntas Madya. 

"Terkait dengan merdeka belajar, tentu akan kami dorong terus. Mulai dari Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, termasuk aturan-aturan main di dalam Guru Penggerak. Oleh karena itu, terkait dengan MoU, prinsip kami akan mengikuti saja mau seperti apa, agar supaya peran BBPMP Provinsi Jawa Tengah dalam rangka membantu Kabupaten Temanggung memaksimalkan capaian SPM itu nanti kita bersama-sama. Kita gerakkan bersama agar tujuan status SPM Pendidikan  dengan Tuntas Madya bisa tercapai," tandas Sekda. 

Audiensi yang berlangsung di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung ini turut dihadiri langsung oleh Kepala Dindikpora Temanggung, Agus Sujarwo, Kepala Bappeda Temanggung, Dwi Sukarmei, dan juga Inspektur Pembantu Khusus (Irbansus) Inspektorat Temanggung. (MC.TMG/nin;cah;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top