Iklan Layanan Masyarakat

Sambut Hari Santri 2023, Santri Ponpes Al Musthofa Tebuireng 16 Wadas Lakukan Bakti Sosial

Kamis, 19 Okt 2023 07:59:29 411

Keterangan Gambar : Sambut Hari Santri 2023, Santri Ponpes Al Musthofa Tebuireng 16 Wadas Lakukan Bakti Sosial


Temanggung, MediaCenter - Menyambut Hari Santri 2023 pada tanggal 22 Oktober mendatang, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Musthofa Tebuireng 16 Wadas, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, melaksanakan program bakti sosial dengan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri".
 
Puluhan santri membawa berbagai peralatan kebersihan seperti sapu lidi, sabit, cikrak dengan penuh semangat membersihkan lingkungan rumah manula/jompo di sekitar Ponpes Al Musthofa Tebuireng yaitu di Dusun Semawen dan Wadas Wetan. 

Sebanyak enam manula yang mendapat program tersebut, yaitu Solikhah Maksum, Suyati, Musonatun, Maryam, Muzaenah dan Rowiyah, mereka tergolong kaum dhuafa. Kegiatan ini merupakan bagian dari program "Isyfii Anta Syafii" yang diinisiasi oleh Pengasuh Ponpes, Kyai Agus Ahmad Yani. 

Kyai Agus mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sense of crisis di kalangan santri, membangkitkan kesadaran akan tanggung jawab sosial, dan menekankan pentingnya kepedulian terhadap sesama, terutama kepada kaum lanjut usia yang membutuhkan bantuan.

Selain membersihkan lingkungan, santri-santri 16 Wadas juga memberikan bantuan paket sembako berupa telur, gula, dan beras kepada warga manula/jompo di sekitar Ponpes. Sembako tersebut merupakan hasil sumbangan dari wali santri, mereka menyampaikan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa solidaritas dalam menyambut Hari Santri.

"Kegiatan ini adalah bagian dari pembelajaran bagi para santri untuk memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Kami berharap melalui aksi ini, mereka dapat memahami nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya, Selasa (17/10/2023). 

Kasi Pontren Kemenang Kabupaten Temanggung Ahsan Muayyad, memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh santri Ponpes Al Musthofa Tebuireng. 

"Kami sangat menghargai inisiatif dan kepedulian santri-santri ini. Semoga aksi mereka dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk berkontribusi positif bagi masyarakat," ujar Ahsan.

Hari Santri 2023 di Ponpes Al Musthofa Tebuireng tidak hanya menjadi momentum peringatan semata, tetapi juga menjadi saat yang penuh makna, dengan santri-santri terlibat langsung dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Dengan semangat jihad santri, mereka berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan dan kemajuan negeri ini.(MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top