Iklan Layanan Masyarakat

Sadran Tenongan Ajang Silaturahmi Warga Tlogopucang Temanggung

Tuesday, 03 Okt 2017 16:14:00 361

Keterangan Gambar : Sadran Tenongan Ajang Silaturahmi Warga Tlogopucang Temanggung


"

Temanggung, MediaCenter – Warga Desa Tlogopucang, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah  mengikuti tradisi nyadran atau ziarah makam dengan membawa tenongan yang berisi berbagai jenis makanan dan nasi tumpeng untuk dibawa ke areal makam Kyai Kramat, Minggu (1/10).

 

Kegiatan sadranan tersebut diikuti oleh warga Desa Tlogopucang yang terdiri dari delapan dusun dengan setiap rumah diwajibkan untuk membawa satu tenongan yang berisi nasi dan lauk pauk. Adapun jenis lauk-pauk yang terdapat dalam tenong tersebut antara lain daging, bergedel, peyek, tempe, bakmi goreng, ingkung ayam kampung dan lain-lain.

Tradisi nyadran yang diselenggarakan tiap tahun ini diawali dengan doa bersama dipimpin oleh KH. Abdul Jalil.

Menurut Amar Udiyarto, salah satu warga yang mengikuti sadranan tersebut mengaku dengan digelarnya sadranan ini menjadikan masyarakat Desa Tlogopucang menjadi lebih mengenal dan selalu menjunjung tinggi nilai tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka.

“Dengan adanya sadran tenongan, maka yang tadinya ada yang belum kenal akan jadi saling mengenal satu sama yang lain. Dan bisa menjadi ajang silaturahim antara satu dengan yang lain”, ujarnya. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor: Ekape)

"

Pencarian:

Komentar:

Top