Iklan Layanan Masyarakat

Ratusan Atlet Ikuti Open Turnamen Catur Bupati Temanggung Cup

Senin, 13 Des 2021 19:41:09 614

Keterangan Gambar : Sebanyak 100 atlet catur senior dan junior mengikuti Open Turnamen Catur Cepat  Bupati Temanggung Cup Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Sebanyak 100 atlet catur senior dan junior mengikuti Open Turnamen Catur Cepat  Bupati Temanggung Cup Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Temanggung. 

Selain sebagai salah satu kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke-187 Kabupaten Temanggung, open tournament yang diselenggarakan di Aula SMPN 1 Temanggung, Minggu (12/12/2021) juga sebagai sarana  mengasah kemampuan para atlet catur dan juga untuk menjaring bibit-bibit unggul dalam olah raga catur. 

“Sebenarnya animo peserta sangat tinggi, namun karena masih ada pembatasan, kami batasi hanya 100 peserta,“ kata Ketua Panitia, Fajar Shidiq yang dihubungi Senin (13/12/2021). 

Fajar menjelaskan, para peserta tidak hanya berasal dari Kabupaten Temanggung, namun juga dari beberapa daerah di luar Temanggung, juga dari luar Jawa Tengah, seperti Banten dan Yogyakarta. Sementara dari Jawa Tengah hampir seluruh kabupaten dan kota ikut ambil bagian dalam turnamen ini. 

“Bobot peserta juga terus meningkat, beberapa pecatur nasional dan peraih emas PON Papua kemarin juga ikut ambil bagian,” terangnya. 

Dalam turnamen kali ini, ia menambahkan, hanya dipertandingkan satu kelas, yaitu kelas umum, sementara kelas-kelas lain, tahun ini sengaja tidak dipertandingkan, karena untuk mengurangi jumlah peserta, dikarenakan masih dalam suasana pandemi. 

“Kali ini kita juga mencari juara putra daerah, jadi nanti atlet asal Temanggung yang mempunyai point tertinggi akan menerima trophy dan uang pembinaan,” terangnya. 

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Percasi Kabupaten Temanggung, Husein  mengatakan tujuan diselenggarakan kejuaraan ini adalah  untuk mengasah kemampuan para atlet catur, khususnya atlet catur Temanggung  dan juga untuk menjaring bibit-bibit unggul dalam olah raga catur. 

“Turnamen ini adalah kegiatan rutin tiap tahun, yang mempunyai harapan, khususnya bagi atlet Temanggung bisa menimba ilmu, mempunyai pengalaman bertanding dengan atlet luar daerah,” terangnya. 

Ketua Umum KONI Temanggung, Tomy Eko Kartika dalam pidatonya saat upacara pembukaan  mengatakan, KONI Temanggung sangat mendukung penuh adanya Turnamen Bupati Temanggung Cup. Dari turnamen ini, KONI berharap ada atlet-atlet yang berprestasi dikancah yang lebih tinggi seperti Dulongmas, Porprov ataupun PON. 

“Kita tahu, catur merupakan salah satu cabor andalan Kabupaten Temanggung yang sering membawa medali. Dengan turnamen ini, KONI berharap, muncul atlet-atlet yunior sebagai upaya  regenerasi atlet, khususnya di Kabupaten Temanggung,” pungkasnya. 

Setelah bertarung dalam delapan babak, atlet asal Semarang, Eko, menjadi juara satu dengan poin 7,5. Ia berhak membawa piala dari Bupati dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000, sedangkan M Kahfi  atlet asal Yogyakarta menjadi juara kedua dengan point 7, dan berhak membawa pulang trophy dan uang pembinaan Rp 1.250.000.  Sedangkan Joko Santoso asal Semarang membawa pulang trophy juara tiga dan uang pembinaan Rp.1.000.000. (MC.TMG/dn;eko)

Pencarian:

Komentar:

Top