Iklan Layanan Masyarakat

Prospek Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 9-11 Januari 2023

Minggu, 08 Jan 2023 19:49:06 996

Keterangan Gambar : Prospek Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 9-11 Januari 2023


Temanggung, Media Center - Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, indeks ENSO di wilayah Nino 3.4 mendukung peningkatan hujan di wilayah Indonesia. 

Suhu muka laut relatif hangat dengan nilai anomali berkisar antara +0.5 s/d +2.5 °C di wilayah Laut Jawa dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air), serta kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah. 

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 09 Januari - 11 Januari 2023 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Tanggal 09 Januari 2023 :

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kota/Kab. Magelang, Brebes, Kab./Kota Tegal, Pemalang, Batang, Kab./Kota Pekalongan, Kendal, Kab./Kota Semarang, Blora, Pati, Kudus, Grobogan, Boyolali, Sragen, Karanganyar, dan sekitarnya.

Tanggal 10 Januari 2023 :

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kota/Kab. Magelang, Brebes, Kab./Kota Tegal, Pemalang, Batang, Kab./Kota Pekalongan, Kendal, Kab./Kota Semarang, Rembang, Blora, Pati, Kudus, dan sekitarnya.

Tanggal 11 Januari 2023 :

Kab. Tegal, Kab. Pekalongan, Batang, Kendal, dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top