Iklan Layanan Masyarakat

Polres Temanggung Siap Kawal Pengamanan Pemilu

Selasa, 06 Feb 2024 19:23:01 255

Keterangan Gambar : Polres Temanggung Siap Kawal Pengamanan Pemilu


Temanggung, MediaCenter - Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat memastikan, bahwa Polres Temanggung siap mengawal keamanan jalannya Pemilu Presiden dan Legislatif 2024, yang mana tahap pencoblosan akan digelar pada 14 Februari 2024. 

“Untuk pengamanan nanti, kami mengarahkan untuk menerjunkan sekitar 478 personel yang siap kami terjunkan. Hari ini ada pembekalan untuk tahapan kegiatan pengamanan yang ada di masing-masing kecamatan dan desa TPS,”ujarnya ditemui usai Apel Siaga Bawaslu di area Embung Kledung, Selasa (6/2/2024).

Lebih jauh perwira dengan dua melati di pundaknya ini menjelaskan, bahwa pergeseran personel akan dilakukan ketika sharepas nanti akan dilakukan di hari Rabu (saat pencoblosan). Setelah itu, personel sudah bergeser ke kecamatan dan desa untuk melakukan pengawalan distribusi logistik, juga pengamanan di luar dari pengamanan TPS. 

Kapolres menyebutkan, bahwa untuk pengamanan nanti ada modelnya, jadi setiap desa bisa berbeda-beda. Satu anggota dengan delapan TPS pengamanan, kemudian ada polanya. Polanya bisa 1:8, ada 1:2 tergantung tempat TPS nya. Jadi tidak hanya satu orang mengawasi satu TPS, tetapi satu orang mengawasi beberapa TPS. 

“Itu sistem pengamanannya sudah ada SOP nya jadi kami jalankan. Kami bekerjasama dengan berbagai unsur termasuk Linmas, anggota kami melakukan pengamanan di luar TPS atau di sektor 3. Mereka melakukan kegiatan mulai kecamatan sampai patroli di daerah TPS saat pemungutan sampai selesai,” jelasnya.

Ditanya mengenai adanya potensi TPS rawan, Kapolres menuturkan, di wilayah hukum Polres Temanggung tidak ada penempatan TPS khusus rawan. Semua TPS sejauh ini dalam keadaan kondusif.

“Sejauh ini penempatan TPS dari hasil informasi, semua TPS dalam keadaan kondusif. Artinya, tidak ada penempatan TPS khusus rawan di Temanggung. Jadi semua TPS dalam keadaan yang aman,” pungkasnya. (ary;ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top