Iklan Layanan Masyarakat

PMI dan Relawan Gedor Lakon Jaring Pendonor Plasma Konvalesen

Kamis, 12 Agu 2021 13:26:28 739

Keterangan Gambar : PMI dan relawan menjaring pendonor konvalesen, di markas PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021).


Temanggung, MediaCenter - Para penyintas Covid-19 di Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam Temanggung Covid-19 Survivor bekerjasama dengan PMI setempat menjaring puluhan penyintas untuk Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Lakon). 

Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021).

"Banyak orang membutuhkan plasma dan cukup kesulitan mendapatkan, dengan langkah ini kami berharap banyak stok plasma, sehingga apabila ada yang membutuhkan dapat cepat mengakses," kata panitia kegiatan, Abas Zahrotin.

Antusiasme para peserta yang tinggi juga membuat panitia harus menunda puluhan calon pendonor lainnya. Dari target 15 calon pendonor, ratusan penyintas bersemangat menyumbangkan plasma darahnya. 

"Akhirnya kami ambil hanya 43 orang. Sisanya menyusul diminggu berikutnya. Dari 43 itu, yang lolos untuk diambil sampel 33 orang," papar pria yang juga Ketua HIPMI Temanggung ini.

Kepala UDD PMI Temanggung dr Ismi Prasastawati mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kolektif yang diselenggarakan PMI, penyintas Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, RSUD Djojonegoro, PKU Muhammadiyah, RS Gunung Sawo dan RS Ngesti Waluyo. 

"Tadinya hanya koordinasi saja dengan penyintas. Ternyata responnya bagus, kami tindaklanjuti dengan kegiatan ini. Dan kalau antusiasme terus tinggi, kami agendakan secara rutin," paparnya.

Ia mengatakan, proses pengambilan sampel akan ditindaklanjuti dengan pengambilan plasma darah pada beberapa hari kedepan setelah sampel dilakukan tes laboratorium. 

"Kita akan kirim calon pendonornya ke Solo. Pengambilannya disana," lanjutnya.

Salah seorang calon pendonor, Ragil Supriyo Mulyanto mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan kegiatan ini. Menurutnya dengan kegiatan ini masyarakat penyintas yang ingin mendonor dapat terfasilitasi. 

"Banyak yang ingin mendonor, tetapi tidak tahu harus bagaimana. Dengan ini sangat mempermudah," tandas ASN di Balai Besar Kartini, Kementerian Sosial ini.(MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top