Iklan Layanan Masyarakat

Pj. Bupati Terima Audiensi Pemetaan Potensi Kota Pusaka Parakan

Kamis, 09 Nov 2023 08:28:09 285

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Terima Audiensi Pemetaan Potensi Kota Pusaka Parakan


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten Temanggung menerima kunjungan dari Sekretariat Bersama Mitra Praja Utama (Sekber MPU) dan Indonesia Tourism Information Center (TIC) di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung, Rabu (8/11/2023).

Pj. Bupati Temanggung, Harry Agung Prabowo bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hendra Sumaryana, serta pejabat terkait menyambut kedatangan para tamu untuk audiensi mengenai peta potensi Kota Pusaka yang terdapat di Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Harry Agung Prabowo menyampaikan, bahwa Kota Parakan merupakan kota yang unik, karena beragam budaya berada di sana. Budaya dari mancanegara, atau warga keturunan Cina yang hidup berdampingan dengan warga lokal sudah berlangsung ratusan tahun. Suku, agama, ras, dan budaya yang beragam, tidak menjadi masalah bagi mereka untuk hidup berdampingan.

Bahkan, warga Temanggung keturunan tionghoa pun saling mendukung, ketika Kota Parakan sedang menjalankan kegiatan yang dipimpin oleh sesepuh Parakan yang merupakan penduduk lokal.

“Kalau kita lihat di sana, lebih banyak klenteng dibandingkan di Kecamatan Temanggung. Uniknya lagi, dulunya di Parakan adalah Kabupaten Menoreh, yang meliputi beberapa kabupaten di sekitar Kabupaten Temanggung,” terangnya.

Pemkab Temanggung menginginkan, potensi kota pusaka Parakan bisa seperti yang dipunyai Kabupaten Rembang, tepatnya Kecamatan Lasem.

Pemkab Temanggung juga pernah melakukan kajian-kajian bersama Ketua Komisi IV DPR RI, baik dokumentasi, dokumen, hingga masukan-masukan dari tokoh-tokoh Parakan sudah terkumpul, siap ditindaklanjuti.

“Memang butuh kajian-kajian yang lebih mendalam. Supaya nanti, Parakan bisa menjadi kota pusaka seperti kabupaten-kabupaten lain yang memiliki kota pusaka,” tegasnya.

Akhirnya, Pj. Bupati mengharap dukungan dan bantuan terkait kajian Kota Parakan sebagai Kota Pusaka untuk merumuskan role model yang akan diterapkan, sehingga wisatawan yang datang, akan memperoleh role model berbeda dari kabupaten yang lain. (MC.TMG/chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top