Iklan Layanan Masyarakat

PIKR Gemawang Dilatih Ilmu Jurnalistik

Senin, 25 Okt 2021 20:35:43 600

Keterangan Gambar : Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) Kecamatan Gemawang mendapat pelatihan jurnalistik. Dengan pelatihan ini, anggota PIKR bisa mengetahui dan  menyampaikan informasi kegiatan kepada masyarakat secara baik dan menarik.


Temanggung, MediaCenter- Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) Kecamatan Gemawang mendapat pelatihan jurnalistik. Dengan pelatihan ini, anggota PIKR bisa mengetahui dan  menyampaikan informasi kegiatan kepada masyarakat secara baik dan menarik.

Riyanto selaku  Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Gemawang, mengatakan pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta yang berasal dari 10 desa di Kecamatan Gemawang. 

“Para peserta merupakan anggota PIKR ditiap-tiap desa di Gemawang,” katanya ketika ditemui disela-sela acara, Senin (25/10/2021) di Aula Kecamatan Gemawang. 

Ia menambahkan, PIKR adalah wadah binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten  Temanggung, yang bertujuan untuk memberikan tempat konsultasi pada remaja-remaja, baik di sekolah, pondok pesantren maupun masyarakat. 

“PIKR bisa dibentuk di sekolah, pondok pesantren, lingkungan masyarakat di kecamatan dengan arahan penyuluh KB di masing-masing kecamatan,” terangnya. 

Seiring dengan tujuan tersebut, dijelaskan oleh Riyanto, maka diberikan pembekalan ilmu jurnalistik agar mereka bisa memahami cara menyampaikan informasi kegiatan kepada masyarakat secara baik dan menarik.

“Untuk pemateri, kita bekerjasama dengan Forum Jurnalis Temanggung untuk berbagi pengalaman dan share sedikit ilmu jurnalistik,” katanya. 

Sementara itu, Camat Gemawang, Marlini Tarigan sangat mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan jurnalistik untuk anggota PIKR. Dengan adanya pelatihan ini, ia berharap para anggota PIKR mampu menyaring dan memberikan informasi secara benar kepada masyarakat.

“Diera kebebasan bermedia sosial, banyak berita dan informasi yang kurang bertanggung jawab atau hoak. Jadi diperlukan adanya pelatihan seperti ini agar bisa menangkal berita-berita hoak,” harapnya. 

Marlini juga menitipkan harapan kepada para anggota PIKR setelah adanya pelatihan ini, untuk mampu menginformasikan pemberitaan dan informasi pembangunan di Kecamatan Gemawang. 

Salah satu peserta pelatihan, Lutfi, mengaku sangat senang dengan adanya pelatihan jurnalistik, pasalnya dirinya jadi tahu cara mendapatkan, mengolah dan menyampaikan berita secara bagus dan menarik.

“Ini merupakan pengalaman yang menarik, karena baru pertama sharing ilmu tentang pemberitaan, tentunya sangat berguna bagi kami anggota PIKR,” tandasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top