Iklan Layanan Masyarakat

Pidato Kenegaraan Presiden RI Peringatan HUT ke-77 RI

Selasa, 16 Agu 2022 16:05:17 124

Keterangan Gambar : Pidato Kenegaraan Presiden RI Peringatan HUT ke-77 RI


Temanggung, MediaCenter - Bupati HM Al Khadziq dan Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Temanggung, Rapat ke-11 Masa Persidangan III Tahun 2021-2022, dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD, Kabupaten Temanggung, Selasa (16/8/2022).

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Temanggung ini dibuka oleh Ketua DPRD Yunianto, didampingi oleh para Wakil Ketua dan Anggota DPRD. Turut hadir, Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi, Dandim 0706 Temanggung Letkol Inf Denver Micha Harriadhy Napu, Kajari I Wayan Eka Miartha, Sekretaris Daerah Harry Agung Prabowo, Kepala OPD, BUMD, Camat se-Kabupaten Temanggung, perwakilan organisasi masyarakat, dan tamu undangan.

Presiden Joko Widodo di dalam pidatonya menyampaikan, bahwa kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

"Termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikan. Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%, angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi Asia yang berada di sekitar 7%, dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%, bahkan sampai pertengahan tahun 2022 ini APBN juga surplus 106 Triliun Rupiah," katanya.

Ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44% pada kuartal kedua tahun 2022 ini, neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I Tahun 2022 ini surplusnya sekitar 364 Triliun Rupiah.

"Capaian tersebut patut kita syukuri, fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak, di satu sisi kita memang harus tetap waspada, dan harus tetap hati-hati, namun di sisi lain, agenda-agenda bangsa harus terus kita lanjutkan, untuk meraih Indonesia Maju," tegasnya.

Oleh karena itu, budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama, seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan.

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu untuk mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen, dengan kerja keras, dengan inovasi dan kreatifitas. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mempermudah upaya kita dalam meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan, Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Negeri Pancasila, Merdeka," tandasnya. (MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top