Iklan Layanan Masyarakat

Permainan Kartu Huruf Kilat Tingkatkan Kemampuan Mengenal Abjad

Selasa, 08 Des 2021 09:03:38 3681

Keterangan Gambar : Permainan Kartu Huruf Kilat Tingkatkan Kemampuan Mengenal Abjad


Temanggung, MediaCenter - Mengantarkan Anak Usia Dini yang siap akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi diperlukan ketuntasan keseluruhan aspek perkembangan anak di TK yang telah ditetapkan. 

Aspek perkembangan bahasa merupakan kemampuan dasar yang harus dicapai, diantaranya kemampuan membaca dan menulis. Untuk itu, diperlukan kemampuan dasar mengenal huruf abjad agar dalam belajar membaca permulaan lebih mudah.

Kemampuan mengenal huruf merupakan tahap perkembangan dari anak tidak tahu menjadi tahu tentang keterkaitan bentuk dan bunyi huruf, sehingga anak dapat mengetahui bentuk huruf dan memaknainya (Etianingsih, 2016:2).

Kemampuan mengenal huruf, menurut Carol Seefelt dan Barbara A. Wasik dalam Trisnawati, (2014:13) adalah kesanggupan melakukan sesuatu dengan mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri dari tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Kemampuan mengenal huruf adalah kemampuan siswa untuk mengenal, membaca dan memaknai huruf.

Kemampuan mengenal huruf yang dimaksud adalah kemampuan mengenal huruf pada  siswa Kelompok B, TK Negeri Pembina Kecamatan Temanggung, setelah mengikuti pembelajaran Bahasa  KD 3.12 dan 4.12 Mengenal dan Menunjukkan Keaksaraan Awal Melalui Bermain. Diperlukan strategi yang tepat, agar dalam belajar mengenal huruf abjad membaca permulaan, anak merasa gembira dan tujuan pembelajaran tercapai. Permainan edukasi merupakan salah satu  strategi yang dapat digunakan untuk bermain sekaligus belajar siswa, salah satunya adalah  permainan kartu huruf kilat.
 
Menurut Novia Desta (2016), permainan edukasi adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang bukan hanya bermaksud menghibur, sehingga diharapkan bisa menambah wawasan pengetahuan.

Sedangkan Alya (2016), permainan edukasi merupakan  media pembelajaran, yang di dalamnya  terdapat permainan yang tujuan utamanya untuk mengajarkan, belajar, dan juga menghibur dengan tujuan agar proses interaksi komunikasi edukasi berlangsung secara efektif dan efisien, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Yang dilakukan permainan edukasi yang dimaksud di sini adalah permainan kartu huruf kilat yang digunakan sebagai media dalam belajar mengenal huruf (abjad), dengan harapan siswa belajar dengan gembira dan mampu mengenal huruf dengan baik. 

Langkah-langkah penerapan permaian kartu huruf kilat adalah :

Pertama, guru membagi anak  menjadi beberapa kelompok kecil, 
Kedua, guru dan anak bermain kartu huruf kilat. Dengan guru menunjukkan dan menampilkan sekilas kartu huruf yang berisi abjad dan mengkaitkan dengan tema pembelajaran hari itu juga. Ketiga, anak menjawab dengan kata yang tepat yang sesuai dengan kartu huruf kilat tersebut.
Keempat, guru mendengarkan jawaban dari anak dan memilih siapa yang menjawab dengan tepat.
Kelima, anak yang berhasil menjawab pertanyaan (sesuai dengan jawaban yang dimaksud) dari kartu huruf kilat anak boleh melanjutkan kegiatan berikutnya.

Melihat anak-anak bermain tebak-menebak jawaban dari permainan keseharian anak merupakan awal munculnya ide permainan kartu huruf kilat, kemudian dimodifikasi sesuai kebutuhan anak dalam belajar. 

Penerapan permainan kartu huruf kilat dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad. (*)

Oleh :
FAJAR HADHI HARIS SAPUTRO, S.Pd.
TK Negeri Pembina, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

Pencarian:

Komentar:

Top