Iklan Layanan Masyarakat

Peringati HUT Kemerdekaan RI Warga Sukosarono Gelar Topeng Ireng

Selasa, 16 Agu 2022 21:09:25 442

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo menghadiri gelaran pentas seni topeng ireng, di Dusun Sukosarono, Desa Jombor, Kecamatan Jumo, Senin (15/8/2022) malam. Pentas kesenian tersebut dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun 2022.


Temanggung, MediaCenter - Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo menghadiri gelaran pentas seni topeng ireng, di Dusun Sukosarono, Desa Jombor, Kecamatan Jumo, Senin (15/8/2022) malam. Pentas kesenian tersebut dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun 2022. 

Wabup mengapresiasi diadakannya gelaran kesenian tradisional ini, yang dalam hal ini untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI. Pasalnya, melalui kesenian pula masyarakat saat ini bisa mengisi kemerdekaan. 

Ada hal penting pula, sebab dengan cara ini keberadaan seni tradisional akan tetap lestari. Bahkan, dengan tampilnya topeng ireng ini bisa menjadi bahan pembelajaran atau untuk regenerasi seniman dari yang senior kepada seniman muda yang saat ini sedang belajar. 

"Kali ini saya menyaksikan pagelaran kesenian topeng ireng dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Dusun Sukosarono, Desa Jombor, Kecamatan Jumo. Jadi pagelaran ini sekaligus juga untuk membangkitkan semangat kemerdekaan, dan semangat membangun desa. Saya mengapresiasi warga Jombor," katanya. 

Dikatakan, dahulu di era perjuangan kemerdekaan para seniman turut serta pula dalam perjuangan. Melalui seni dapat mempengaruhi psikologis masyarakat, sehingga bisa membangkitkan semangat perjuangan. Hal itu bisa dari seni tari, ketoprak, wayang, lukisan, dan nyanyian.  

"Insya Allah dengan  semangat kebersamaan bisa memajukan dan mensejahterakan masyarakat. Maka mari semangat kemerdekaan ini terus kita pupuk bersama, kita isi kemerdekaan dengan hal-hal bermanfaat," tandasnya. (MC.TMG/ari;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top