Iklan Layanan Masyarakat

Peringati Harlah, Muslimat NU Gelar Bakti Sosial Pelayanan KB

Jumat, 26 Mar 2021 16:00:51 925

Keterangan Gambar : Pelayanan KB di Gedung Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Temanggung, Kamis (25/3/2021).


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) ke-75 Tahun 2021, Muslimat NU Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Temanggung mengadakan kegiatan Bakti Sosial Pelayanan KB dengan tema “Hidmah Muslimat NU untuk Indonesia Berdaulat dan Sejahtera” yang dilaksanakan di Gedung Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Temanggung, Kamis (25/3/2021).

Sebelumnya, juga sudah dilaksanakan kegiatan pelayanan KB pada Selasa-Rabu (23-24/3/2021) yang berlokasi di Puskesmas Kedu. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan melakukan rapid test dan pemeriksaan kesehatan lain kepada ibu-ibu calon peserta pelayanan KB.

“Hari pertama dilakukan bongkar pasang implan, hari kedua berupa pemasangan spiral dan hari ini berupa pemasangan implan,” jelas Woro Andijani, Kepala DPPPAPPKB Kabupaten Temanggung.

Ia menambahkan, kegiatan pelayanan KB kepada anggota Muslimat NU sudah dilaksanakan rutin setiap tahun, kecuali pada Tahun 2020 kemarin yang terkendala pandemi Covid-19. 

“Target sasaran sebanyak 150 ibu-ibu usia subur. Sebelum pemasangan dilakukan rapid test terlebih dahulu, setelah peserta mengikuti rapid test dan dinyatakan non reaktif serta dinyatakan sehat, maka bisa dilakukan pemasangan alat kontrasepsi, kalau reaktif akan langsung rujuk ke RSUD untuk mengikuti PCR,” tambahnya.

Ia menambahkan, dalam rangka pengendalian penduduk, salah satu pasangan usia subur diharuskan mengikuti program KB, bagi pasangan yang memang sudah tidak menghendaki anak lagi atau ingin menjaga jarak kelahiran antar anak. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top