Iklan Layanan Masyarakat

Perayaan Imlek di Temanggung Berlangsung Sederhana

Minggu, 14 Feb 2021 14:18:56 656

Keterangan Gambar : Semua lilin di Klenteng Temanggung menyala menandai perayaan tahun baru Imlek.


Temanggung, MediaCenter - Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 di Temanggung, Jawa Tengah berlangsung sederhana. Tidak ada acara yang mengundang keramaian dan kerumunan. Umat Tri Dharma dari Klenteng Cahaya Sakti Kong Ling Bio Temanggung tidak melakukan sembahyang bersama seperti tahun-tahun sebelumnya dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pengurus Klenteng Cahaya Sakti Kong Ling Bio Temanggung, Suwardi, mengatakan, umat tidak datang bersamaan. Mereka datang satu per satu atau per keluarga untuk melakukan sembahyang pada Kamis malam (11/2/2021).

Sebelumnya tiap keluarga yang menjadi umat tri dharma telah mengirimkan, memasang lilin dalam ukuran besar dan diletakan dibagian depan klenteng. Tiap keluarga memasang sepasang lilin besar bertuliskan nama suami dan isteri serta daerah mereka tinggal. Pasangan lilin itu diletakkan disebelah kanan dan kiri pintu masuk ke area dalam tempat bersemayam dewa bumi. 

"Tiap keluarga menyalakan pasangan lilin itu sebelum sembahyang. Waktu mereka menyalakan lilin tidak bersamaan, karena memang umat tidak datang bersamaan," kata Suwardi, Sabtu (13/2/2021) di Temanggung.

Pada Sabtu (13/2/2021), semua lilin pasangan berukuran besar itu masih dibiarkan menyala. Tapi suasana klenteng amat sepi. Namun demikian, nyala lilin membuat klenteng terlihat meriah menggambarkan tahun baru Imlek. (MC TMG/Tosiani;Ekape)
 

Pencarian:

Komentar:

Top