Iklan Layanan Masyarakat

Penandatanganan Serah Terima dan Rencana Penataan Kawasan Umbul Jumprit

Selasa, 25 Okt 2022 18:46:04 621

Keterangan Gambar : Penandatanganan Serah Terima dan Rencana Penataan Kawasan Umbul Jumprit


Temanggung, MediaCenter-Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menghadiri kegiatan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Sementara Tahun 2022 dan Rencana Penataan Kawasan Umbul Jumprit Hulu Sungai Progo Kabupaten Temanggung Tahun 2023 yang berlangsung di Pelataran Kawasan Ritual Umat Suci Buddha, Umbul Jumprit, Ngadirejo, Temanggung, Selasa (25/10/2022).

Anggota DPR RI Komisi V, Sudjadi, Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR, Perwakilan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Yunianto, Sekda Hary Agung Prabowo, Kepala Bappeda, Kepala Dinbudpar, Kepala DPRKPLH, serta tamu undangan hadir dan mengikuti kegiatan tersebut. 

Bupati dalam sambutannya mengungkapkan, Umbul Jumprit adalah sumber mata air yang memiliki banyak fungsi, hulu dari Sungai Progo dan tempat umat Buddha mengambil air suci yang menjadi sarana puja pada setiap perayaan Waisak. Selain itu, Jumprit yang terletak di daerah pegunungan, serta memiliki hutan yang dikelola oleh Perhutani tersebut juga memiliki fungsi pariwisata untuk masyarakat.

“Temanggung tentu ingin kawasan ini berkembang sebagus mungkin, agar semua aspek bisa terlayani secara lebih baik lagi, syukur-syukur bisa maksimal dalam setiap aspeknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI Komisi V, Sudjadi yang telah memfasilitasi pembangunan dan pengembangan Jumprit menjadi kawasan pariwisata dan lahan konservasi air yang memiliki banyak manfaat untuk masyarakat, khususnya Kabupaten Temanggung.

“Oleh karena Pak Sudjadi punya inisiatif itu, maka sampai sekarang sudah terwujud tahap 1 yang mana senilai 30 miliar lebih dan masih akan ditambah dengan tahap kedua dan seterusnya dengan bangunan yang beraneka ragam,” imbuh Bupati.

Pembuatan tanggul sungai, penanaman pohon, pengaliran air bersih ke beberapa kecamatan, dan pembangunan jalan, seperti yang dikatakan Bupati juga menjadi bagian dari perkembangan dan pembangunan di kawasan Umbul Jumprit Temanggung.

“Terima kasih bapak dan ibu dari Kementerian PUPR, yang hari ini datang ke Temanggung untuk mengeroyok satu lokasi yang bernama Jumprit dengan proyek yang multi years atau yang setiap tahun akan dilaksanakan dengan bertahap di tahun berikutnya dan juga multimiliar,” ucapnya. 

Dengan adanya pembangunan dan perkembangan tersebut, Bupati berharap dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk masyarakat dengan berjalan dan berputarnya ekonomi, pertumbuhan UMKM, dan kesejahteraan masyarakat.

Sudjadi menambahkan, pengelolaan oleh desa terkait dengan pembangunan dan perkembangan yang telah berlangsung ini juga tetap harus bersinergi dengan Pemkab Temanggung dalam menginventarisir kegiatan-kegiatan guna membantu dan mendorong perputaran ekonomi di lingkungan Umbul Jumprit tersebut. (MC.TMG/wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top