Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Persiapkan Keamanan Jalur Mudik Lebaran 2023

Rabu, 05 Apr 2023 13:02:02 314

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung Persiapkan Keamanan Jalur Mudik Lebaran 2023


Temanggung, Media Center – Pemerintah Kabupaten Temanggung mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Paskah tahun 2023 dalam Operasi Ketupat Candi di Aula Sumbing Sindoro, Mapolres Temanggung, Rabu (5/4/2023).

Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq menyampaikan, bahwa untuk mempersiapkan hajat besar masyarakat yaitu perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, sebagai penyelenggara negara di sektor masing-masing bertanggungjawab untuk menciptakan situasai yang lancar dan aman. Diperkirakan pada tahun 2023 ini jumlah pemudik, khususnya dari Jakarta yang akan melewati Jawa Tengah, dalam hal ini jalur Kabupaten Temanggung, akan membeludak. Karena sudah dua tahun lebih masyarakat menahan diri tidak bisa pulang kampung.

“Kita semua masih menunggu arahan dari Presiden dan pemerintah pusat perihal detail teknis dalam Lebaran nanti, apakah silaturahmi Lebaran, apakah open house Lebaran, apakah buka tutup jalur dan lain sebagainya kita masih menunggu, tetapi kita harus mempersiapkan diri,” ungkapnya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Temanggung telah mempersiapkan hal-hal teknis, seperti inventarisasi, khususnya jalan-jalan rusak yang menjadi jalur pemudik dalam berlalulintas. Maka dari itu, Bupati meminta jalur-jalur tersebut untuk diperbaiki sebelum datangnya arus mudik Lebaran. Sedangkan untuk jalan provinsi dan jalan nasional, Pemkab Temanggung sudah bersurat kepada DPU Provinsi Jawa Tengah dan Satker Pelaksana Jalan untuk menyelesaikan jalan-jalan provinsi dan nasional.

“Khusus jalan Temanggung, saya sudah meminta Kepala DPUPR, mudah-mudahan akan segera dimulai, karena waktu kita sudah sempit, khususnya jalan-jalan yang akan menjadi jalan alternatif maupun jalan utama arus mudik,” imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan bersama Satpol PP dan Dinas Koperasi, UMKM dan Pedagangan sudah mulai merapihkan pasar tradisional. Jangan sampai ada pasar tumpah. Jangan sampai parkiran di depan pasar mengganggu arus lalu lintas.

“Saya rasa nanti bersama-sama dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim, Ibu Kejaksaan Negeri dan seluruh elemen masyarakat, kita optimis kalau kita kerjakan sejak sekarang, semuanya detail sesuai dengan bidang dinas masing-masing, kita yakin bahwa masuk Lebaran tahun 2023 ini masyarakat bisa terlayani dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (MC.TMG/chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top