Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Libatkan UKM Lokal dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Senin, 27 Des 2021 12:36:50 115

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Sejumlah 266 pelaku UKM di Kabupaten Temanggung mengikuti Sosialisasi Belanja Langsung Secara Online kepada UKM Menuju Temanggung Go Digital yang dilaksanakan di Graha Bumi Phala, komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Senin (27/12/2021). Para pelaku UKM tersebut, merupakan langganan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Temanggung.

Sosialisasi dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan OPD terkait dengan mengundang narasumber dari berbagai marketplace, antara lain dari Blibli, Bhineka, Wish, Grab dan Bukalapak.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara langsung oleh Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, yang juga dihadiri oleh Hendi Wahyu Nur Hidayat, Kepala Bagian PBJ Setda Kabupaten Temanggung, Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ripto Susilo, Inspektur Kabupaten Temanggung, Eko Susilo, serta  Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Temanggung.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bahwa Pemerintah RI melalui peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mewajibkan pengadaan barang dan jasa di bawah 50 Juta untuk dibeli melalui UKM, sehingga Pemkab Temanggung meneruskan perintah Mendagri tersebut dan siap untuk melaksanakan di Kabupaten Temanggung. 

“Ini menjadi kabar baik bagi pelaku UKM, karena dengan ini, maka UKM bisa mengambil manfaat dari pengadaan barang dan jasa,” ujarnya.

Bupati menambahkan, Pemkab Temanggung berkomitmen untuk mengutamakan UKM Temanggung, khususnya untuk pengadaan barang dan jasa di bawah 50 juta Rupiah.

“Semoga ini menjadi peluang maju bagi UKM Kabupaten Temanggung untuk lebih bisa berkompetisi dengan UKM dari kabupaten-kabupaten/kota-kota lain, dengan semakin berkompetisi, maka akan semakin ada inovasi, baik inovasi di bidang produk, di bidang pemasaran dan lain sebagainya,” kata Bupati.

Bupati berharap, peluang yang diberikan oleh Mendagri tersebut dapat memajukan dan mensejahterakan para pelaku UKM di Kabupaten Temanggung.

Kepala Bagian PBJ Setda, Hendi Wahyu Nur Hidayat menambahkan, tujuan sosialisasi tersebut untuk memfasilitasi UKM yang ada di Kabupaten Temanggung agar dapat terlibat dalam pengadaan barang dan jasa melalui e-marketplace, sehingga perputaran keuangan daerah masih berada di Kabupaten Temanggung, untuk Temanggung, demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Temanggung.

“Paling tidak ini menjadi langkah awal dalam membina UKM di Kabupaten Temanggung agar bisa terlibat secara aktif dalam pengadaan barang dan jasa secara online, dan dapat melebarkannya untuk melayani pengadaan barang dan jasa di daerah lain,” tandasnya. (MC TMG/Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top