Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Targetkan Penerimaan PBB Tahun 2023 Sebesar 26 Miliar Rupiah

Kamis, 15 Feb 2023 14:14:59 490

Keterangan Gambar : Pemkab Targetkan Penerimaan PBB Tahun 2023 Sebesar 26 Miliar Rupiah


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melalui Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD) menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2023 dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) naik sebesar Rp 1 miliar dari target 2022.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD) Tri Winarno, di Temanggung mengatakan pada tahun 2022 target PBB Kabupaten Temanggung sebesar Rp 25 miliar, dan di tahun 2023 menjadi Rp 26 miliar, atau naik Rp 1 miliar.

Menurutnya, potensi pendapatan daerah dari sektor pajak, khususnya PBB sangat besar. Bahkan dalam perkembangan setiap tahun mengalami kenaikan. Hal ini terjadi, karena adanya kenaikan harga dan pajak dari objek tanah dan bangunan.

Selain itu, juga sudah ada hasil kesepakatan dengan DPRD Kabupaten Temanggung saat melakukan pembahasan APBD.

"Kenaikan Rp 1 miliar ini berdasarkan penghitungan, kami melakukan evaluasi terhadap lokasi-lokasi perumahan," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan evaluasi terhadap nilai tanah di perumahan-perumahan, karena sejak awal evaluasi itu belum pernah dilakukan, sehingga berbeda dengan ketetapan tahun 2022.

"Sebenarnya potensi PBB tahun 2022 itu sekitar Rp 26 miliar, tetapi pasti ada tidak bisa tertagih, maka kami pasang target Rp 25 miliar dan tercapainya Rp25,3 miliar," katanya.

Di tahun 2023 ini, menurutnya, sebenarnya potensinya bisa sampai Rp 27 miliar, tetapi secara bertahap baru menargetkan sekitar Rp 26 miliar.

"Kami berharap target tersebut bisa tercapai, apalagi kondisi ekonomi masyarakat sudah mulai membaik paska dilanda pandemi Covid-19," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top