Iklan Layanan Masyarakat

Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Pj. Bupati Sampaikan Pentingnya Pajak Bagi Pembangunan

Selasa, 06 Feb 2024 20:03:18 353

Keterangan Gambar : Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Pj. Bupati Sampaikan Pentingnya Pajak Bagi Pembangunan


Temanggung, MediaCenter - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Temanggung mengikuti acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Temanggung, Selasa (6/2/2024) di Pendopo Pengayoman Temanggung. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo dalam sambutannya menyampaikan urgensi dan fungsi pajak dalam pembangunan. 

Pj. Bupati juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk memenuhi kewajiban sebagai Wajib Pajak (WP) untuk melaporkan SPT Tahunan sebelum tenggat waktu yang telah ditetapkan, yakni 31 Maret 2024 bagi WP Perorangan, dan 30 April 2024 bagi WP Badan. 

"Perlu kita ketahui bersama, bahwa pajak merupakan sumber pendapatan negara yang berfungsi untuk membiayai pengeluaran dan belanja negara guna mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Oleh karena itu, fungsi pajak ini sangat penting bagi kita semua. Kami mengimbau kepada seluruh dan segenap stakeholder, seluruh elemen masyarakat untuk bersama kita dukung dan penuhi dengan menunaikan kewajiban kita sebagai wajib pajak, yaitu melaporkan SPT Tahunan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," tuturnya. 

Turut hadir dalam acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jateng II, Slamet Sutantyo. Pihaknya menuturkan, bahwa Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan merupakan kampanye untuk mengajak seluruh WP agar melaporkan SPT Tahunan mengingat fungsi pajak di sini merupakan sumber pendapatan negara terbesar, yakni 82 persen. 

"Fokus pada pajak, kontribusi kita sudah sekitar 82 persen dari sumber pendapatan negara total senilai 2.309 triliun. Sehingga maksud Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan ini merupakan kegiatan promosi, kampanye, untuk mengajak masyarakat, bahwa sudah saatnya semua Wajib Pajak menyampaikan SPT Tahunan. Tadi sudah dicontohkan oleh para Pejabat dan Forkopimda sudah memperlihatkan, bahwa beliau sudah melaporkan SPT Tahunannya. Mudah-mudahan ini terus bergulir, karena SPT dan laporan tiap tahun ini caranya lebih mudah. Bisa melalui e-filling, tidak seperti dahulu lagi," jelas Slamet Sutantyo. 

Pada tahun 2023, KPP Pratama Temanggung menargetkan pengumpulan total pajak sebesar 461 miliar rupiah. Target ini telah tercapai sesuai dengan realisasi pengumpulan pajak Tahun 2023 sebesar 467 miliar rupiah. 

Kepala KPP Pratama Temanggung, Christijanto Wahju Purwoistijoko mengungkapkan, bahwa pengumpulan pajak terbesar tahun 2023 di Kabupaten Temanggung berasal dari sektor administrasi pemerintahan. KPP Pratama Temanggung pada tahun 2024 ini telah menargetkan pengumpulan pajak sebesar 501 miliar rupiah

"KPP Pratama Temanggung untuk tahun 2024 ini telah ditargetkan 501 miliar rupiah. Potensi yang dapat meningkatkan pengumpulan pajak di Temanggung ini misalnya dari administrasi pemerintahan. Jadi seluruh dana yang dipakai untuk pembangunan ini kan juga ada pajaknya, pajak ini kita pantau apakah sudah dibayarkan dengan betul atau tidak. Jangan sampai ada pembayaran pajak yang terlewat atau tidak disetorkan kepada negara," pungkas Kepala KPP Pratama Temanggung. (Nin;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top