Iklan Layanan Masyarakat

Pastikan Pelaksanaan Kurban Sesuai Protokol, Disnakan Bentuk Tim Khusus

Selasa, 07 Jul 2020 18:40:13 250

Keterangan Gambar :



Temanggung, MediaCenter – Dinas Perikanan dan Peternakan ( Disnakan) Kabupaten Temanggung melaksanakan sosialisasi pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam  untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan  melalui Surat Edaran Bupati  Temanggung.  Hal ini disampaikan oleh Drh. Esti Dwi Utami selaku Kepala Bidang  Kesehatan Hewan (Keswan) saat ditemui Tim Media Center di kantornya, Selasa ( 7/7/2020).

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada  bulan  ini , Disnakan Kabupaten  Temanggung  membentuk Tim Petugas Pemotongan Hewan Kurban untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kegiatan kurban dalam situasi pandemi. Tim ini selain bertugas untuk memberikan  edukasi dan informasi juga melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, pemeriksaan kelengkapan sarana dan prasarana dan mendata jenis hewan yang akan di kurbankan. 

Disnakan juga menghibau masyarkat yang melaksanakan kurban tahun ini untuk tetap menjaga jarak fisik, seperti mengatur jadwal pemotongan, mengatur kepadatan dengan membatasi panitia dan pendistribusian daging kurban oleh panitia, sehingga tidak menimbulkan kerumunan orang. 

Selain itu  Drh. Esti juga menjelaskan  terkait penerapan Higienis Person yang  juga perlu diperhatikan mulai dari lokasi pemotongan, penggunaan masker dan sarana cuci tangan  untuk panitia, juga penggunaan sarung tangan sekali pakai untuk petugas pengulit, penanganan, pencacah  daging dan jeroan.  “Kita menjamin ketahanan kesehatan hewan sampai dengan kesejahteraan, sehingga produk asal hewan bisa tersaji di masyarakat secara Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH)”, jelasnya. (MC TMG/Eknu;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top