Iklan Layanan Masyarakat

Pastikan Kondusifitas, Polres Temanggung Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu

Rabu, 14 Feb 2024 18:41:43 151

Keterangan Gambar : Pastikan Kondusifitas, Polres Temanggung Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu



Temanggung, Media Center - Polres Temanggung melaksanakan Apel Pergeseran Personel dalam rangka "Pengamanan Pemilu Tahap Pemungutan dan Perhitungan Suara Pada Pemilu Tahun 2024" yang bertempat di Halaman Gedung Pemuda Temanggung, Selasa (13/2/2024).

Pj. Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo berkesempatan menjadi Pembina Apel pada kegiatan tersebut, dengan diikuti oleh Forkopimda dan dihadiri oleh Kepala KPUD Temanggung, Ketua Bawaslu Temanggung, Kepala OPD terkait, serta seluruh peserta.

Pj. Bupati mengatakan, persiapan Pemkab Temanggung secara umum dalam menyambut gelaran Pemilu di tahun 2024 yang jatuh pada hari Rabu (14/2/2024) besok, telah siap dilaksanakan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjumlah 2.518 TPS di Kabupaten Temanggung.

“Seluruh personel dibantu oleh Artileri Medan (Armed) Magelang bergeser ke masing-masing titik di TPS masing-masing. Total TPS kita ada 2.518 dan sudah didistribusikan semua logistik dari KPU ke TPS masing-masing dan hanya beberapa saja yang belum didistribusikan, sehingga keesokan harinya baru didistribusikan,” kata Pj. Bupati Temanggung.

Pj. Bupati juga berpesan, khususnya kepada personel pengamanan untuk menjaga kondisi kesehatan selama 5 hari kedepan, dan untuk masyarakat Kabupaten Temanggung agar bersama-sama menggunakan hak pilihnya dengan melakukan pencoblosan ke TPS masing-masing di lingkungannya.

“Supaya angka partisipasi masyarakat itu tinggi di Kabupaten Temanggung, itu yang kita inginkan dan mudah-mudahan masyarakat Temanggung berkenan melakukan pencoblosan bersama-sama mulai pukul 07.00-13.00 WIB. Setelah itu, penghitungan suara akan dilakukan mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai,” tambahnya. 

Selanjutnya, Pj. Bupati dalam sambutannya menyampaikan kepada semua anggota yang bertugas untuk persiapkan diri, mulai dari fisik, kesehatan dan keselamatan selama bertugas. Selain itu, memahami dan memedomani aturan netralitas TNI dan POLRI dalam Pemilu dan tetap menjaga kinerja profesional, serta prosedural dalam mengamankan seluruh tahapan proses pelaksanaan Pemilu 2024.

“Pahami benar adanya potensi ganguan keamanan yang dapat mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi di masyarakat,” pungkas Pj. Bupati Temanggung.

Kapolres Temanggung, AKBp Ary Sudrajat menambahkan, total keseluruhan personel yang terdiri dari TNI-POLRI, Yonkav dan Armed Magelang berjumlah 700 personel. Adapun tugas dari seluruh personel pengamanan ini meliputi pengaman, pelayanan, dan membantu masyarakat dalam tahapan pemungutan suara di seluruh wilayah, khususnya di Kabupaten Temanggung.

“Sampai saat ini, hasil laporan dan pemantauan yang kita sebar, tidak ada TPS di Temanggung ini yang masuk kategori rawan. Untuk itu, penggunaan kekuatan di TPS dalam pengamanan polanya disesuaikan dengan kondisi dan situasi TPSnya,” tandas Kapolres. (Will;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top