Iklan Layanan Masyarakat

Pasar-pasar Tradisional di Temanggung Akan Didisinfeksi

Sabtu, 13 Jun 2020 06:26:45 411

Keterangan Gambar :



Temanggung, Mediacenter-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung berencana melakukan penutupan sementara beberapa pasar tradisional untuk proses disinfeksi dan menata ulang pasar. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Bupati Temanggung M Al Khadziq menyebutkan, ada temuan kasus positif Korona ditujuh pasar tradisional belum lama ini. Dari jumlah itu, lima diantaranya sudah menjadi episentrum penyebaran Covid-19 dalam tahap yang amat signifikan. Kelimanya adalah Pasar Ngadirejo, Pasar Gemawang, Pasar Gondang di daerah Menggoro, Kecamatan Tembarak, Pasar Jumo, dan Pasar Kandangan.

"Di Pasar Ngadirejo ada temuan lebih dari 15 orang yang positif Korona, ditambah beberapa pedagang sayur keliling yang biasa memasok sayuran dari pasar itu pun ada yang positif. Kalau di Pasar Gemawang dan pasar lainnya ada kisaran 15 orang yang positif",  ungkap Khadziq, Jumat (12/6/2020), di Temanggung.

Adapun didua pasar lainnya, yakni Pasar Kranggan Bawah dan Pasar Temanggung juga telah menjadi episentrum penyebaran virus dalam skala kecil. Di Pasar Temanggung ada temuan dua orang positif Korona dan di Pasar Kranggan Bawah terdapat tiga kasus positif.

"Kedepan akan dilaksanakan disinfeksi di seluruh pasar. Pasar kita liburkan barang sehari atau dua hari, kita lakukan penataan ulang agar pengunjung tidak terlalu berdesakan",  ujar Khadziq.

Pemkab berencana menggunakan free public space disekitar pasar untuk menata pedagang. Nantinya, pedagang yang di dalam sebagian dikeluarkan ke area luar pasar, sehingga proses jual beli tetap berlangsung, tetapi lebih aman. 

Proses disinfeksi diperkirakan memakan waktu 1-2 hari. Selama masa tutup sementara atau libur ini akan dimanfaatkan untuk mengkonsolidasikan lagi area pasar. Akan ditata pintu masuk dan pintu keluar untuk pemeriksaan. Warga yang datang diwajibkan menggunakan masker dan diperiksa oleh tenaga medis. Pengunjung yang sakit atau suhu badan tinggi tidak duperkenankan masuk ke dalam pasar. 

"Rencana lima pasar dulu kita disinfeksi. Untuk jadwal masih kita susun. Saya mohon pengertian masyarakat agar pasar aman dan tidak menjadi pusat penyebaran virus", pungkas Khadziq. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top