Iklan Layanan Masyarakat

Musrenbang RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2024, Bahas Lima Isu Strategis

Selasa, 28 Mar 2023 17:37:55 471

Keterangan Gambar : Musrenbang RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2024, Bahas Lima Isu Strategis


Temanggung, MediaCenter - Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) Pemerintah Kabupaten Temanggung Tahun 2024 sukses digelar di Graha Bhumi Phala pada Selasa (28/3/2023). Adapun tujuan dari terselenggaranya Musrenbang RKPD adalah adanya kesepakatan hasil musyawarah bersama mengenai prioritas program kegiatan pembangunan Pemerintah Daerah yang akan dibiayai, baik melalui APBD, APBD Provinsi, maupun APBN. 

Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024  dihadiri oleh Bupati HM. Al Khadziq, Forkompimda, Kepala Perangkat Daerah, Perwakilan dari setiap Kecamatan, Kelurahan/Desa, dan Lembaga Vertikal. Selain itu juga melibatkan perwakilan dari Akademisi, Tokoh Masyarakat, Anggota Organisasi Profesi, Organisasi Masyarakat, Pengusaha, Organisasi Wanita, Forum Anak, serta Penyandang Disabilitas. 

Dengan mengusung tema "Meningkatnya Kualitas Pembangunan Manusia, Pemulihan Ekonomi, dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik", memunculkan lima isu strategis pembangunan Kabupaten Temanggung yang akan dilaksanakan pada Tahun 2024-2026, yaitu Kualitas Pembangunan Manusia; Pemulihan Ekonomi; Tata Kelola Pemerintahan yang Baik; Penghapusan Kemiskinan Ekstrem; dan Penurunan Angka Stunting. 

Bupati Al Khadziq mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian proses penyelenggaraan Musrenbang, mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten. 

"Musrenbang ini dilaksanakan tentu agar pembangunan daerah dapat berjalan dengan sukses, tepat manfaat, tepat sasaran, dan sesuai dengan arah pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga diperlukan proses perencanaan pembangunan yang baik dan benar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Temanggung," tandas Bupati. 

Selanjutnya Bupati menyebutkan penetapan tujuan RPD Kabupaten Temanggung Tahun 2024-2026, antara lain :
1. Terwujudnya masyarakat yang berkualitas, berkarakter, dan berdaya; 
2. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan; dan
3. Terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang berkinerja tinggi dan bebas KKN. 

"Maka secara khusus rencana pembangunan 2024 ini saya sampaikan beberapa hal penting kepada Perangkat Daerah, yaitu agar melakukan review kembali efisiensi dan efektifitas program kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga memastikan output dan outcomenya benar-benar bermanfaat langsung untuk masyarakat," tambahnya. 

Beberapa prioritas penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu peningkatan kompetensi SDM, pemerataan infrastruktur, optimalisasi tani pekarangan dan peternakan rumah tangga, pemberdayaan UMKM, pengelolaan sampah rumah tangga, konservasi lingkungan hidup, penurunan angka stunting, dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. 

"Di sini diperlukan sinergitas antara pemerintah, masyarakat, akademisi, dan dunia usaha, serta seluruh komponen masyarakat yang lainnya. Sinergitas itu diwujudkan dalam upaya bersama menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan di Kabupaten Temanggung," pungkasnya. 

Setelah membuka kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024, Bupati menyempatkan diri untuk berkeliling mengunjungi sejumlah stand yang memamerkan produk unggulan dan inovasi Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/nin;adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top