Iklan Layanan Masyarakat

Musim Tanam Tembakau, PIHC Distribusikan Pupuk Za 150 ton per Hari

Selasa, 07 Jun 2022 14:55:43 533

Keterangan Gambar : Petani Tembakau Temanggung mulai menanam tembakau


Temanggung, MediaCenter - PT. Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) mengirim pupuk Za sebanyak 150 ton per hari untuk kebutuhan petani di Kabupaten Temanggung dalam beberapa waktu terakhir.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto menyampaikan, pupuk Za kiriman dari PIHC untuk petani tembakau yang saat ini sedang banyak membutuhkan guna pemupukan.  

"Saat ini masa penanaman tembakau, yakni masa pemupukan. Maka itu PIHC droping Za berkisar 100 hingga 150 ton per hari," katanya, Selasa (7/6/2022).

Joko Budi mengemukakan, beberapa waktu lalu petani tembakau di Temanggung sempat kesulitan mendapatkan pupuk Za akibat pasokan tidak normal terkait dengan libur Lebaran. 

Disampaikan olehnya, PIHC tidak mengirim pupuk sekitar 2 minggu. Petani berkeluh pada pemerintah yang ditindak lanjuti dengan intensitas komunikasi dan meminta secara resmi untuk percepatan pengiriman sebagai ganti libur Lebaran, tujuannya petani dapat memupuk tanaman tembakau

"Adanya percepatan pasokan InsyaAllah pupuk Za akan terpenuhi. Berapa pun kebutuhan pupuk Za untuk pemupukan tanaman tembakau akan dicukupi," katanya.

Dikemukakan, kesulitan pupuk Za beberapa waktu kemarin bukan berarti kurang secara kuota atau persediaan, tetapi semata-mata, karena distribusi terlambat saat libur Lebaran.

Joko Budi menjelaskan, pupuk Za salah satu jenis pupuk yang mengandung Nitrogen yang dibutuhkan tanaman tembakau. Ada dua jenis pupuk Nitrogen, yakni Za kandungan Nitrogen 21 persen dan urea kandungan Nitrogen 46 persen.

Dijelaskan olehnya, tanaman tembakau membutuhkan pupuk ZA bukan urea, karena kandungan Nitrogennya sedikit, karena kalau Nitrogen terlalu banyak justru jelek terhadap tanaman tembakau, fase vegetatifnya lebih lama. (MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top