Iklan Layanan Masyarakat

Meski Pandemi, KUD Sederhana Kaloran Tetap Bukukan Profit

Kamis, 27 Jan 2022 16:38:09 153

Keterangan Gambar : Meski dalam suasana pandemi yang membuat sektor ekonomi lesu, namun Koperasi Unit Desa (KUD) Sederhana Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung di tahun 2021 tetap profit atau mengalami peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU), meski  tidak terlalu besar.


Meski Pandemi, KUD Sederhana Kaloran Tetap Bukukan Profit

Temanggung, MediaCenter- Meski dalam suasana pandemi yang membuat sektor ekonomi lesu, namun Koperasi Unit Desa (KUD) Sederhana Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung di tahun 2021 tetap profit atau mengalami peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU), meski  tidak terlalu besar.

“Tahun 2021 kita ada kenaikan SHU sebesar 5 juta, dari 30 juta di tahun 2020, menjadi 35 juta di tahun 2021,“ terang Ketua KUD Sederhana, Siswanto saat ditemui di Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Sederhana, Rabu (26/1/2022).

Siswanto menjelaskan, saat ini KUD Sederhana mempunyai 3667 anggota yang tersebar di seluruh desa se-Kecamatan Kaloran, dan memiliki berbagai bidang usaha, diantaranya jasa angkutan barang, simpan pinjam dan juga penjualan berbagai kebutuhan masyarakat .

“Aset ada truk, untuk jasa angkut barang, simpan pinjam, ada juga jualan token listrik, kuota data dan lain-lain,” jelasnya.
 
Disinggung masalah RAT, Siswanto, menjelaskan kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang ada di AD/ART KUD Sederhana, tujuannya untuk laporan pertanggungjawaban para pengurus, dan juga membahas progam kerja selama setahun ke depan.

“Rapat ini diikuti para pengurus, pengawas dan juga anggota koperasi, total sekitar 52 orang,” katanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto, menyampaikan apresiasinya dengan terselenggaranya RAT KUD Sederhana. Dengan RAT ini, menunjukan KUD Sederhana adalah koperasi yang bagus dan sehat, terlebih secara periodik tiga bulan sekali KUD Sederhana selalu melaporkan hasil usahanya ke Dinkopdag.

“Ini membuktikan, jika KUD Sederhana adalah KUD yang benar-benar sehat, KUD yang baik dan konsisten,” sanjungnya.

Sri Hariyanto berharap, agar kerjasama antara anggota dan pengurus terus ditingkatkan, pasalnya maju dan tidak sebuah koperasi tergantung hubungan antara anggota dan koperasi.

“Saya harap anggota koperasi  terus mengembangkan KUD Sederhana, dan para pengurus terus amanah dan jujur demi kemajuan KUD Sederhana,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan tersebut, sebagai bentuk rasa syukur, pengurus KUD Sederhana juga menyerahkan  beasiswa kepada enam siswa tidak mampu dan yatim piatu, serta penghargaan kepada lima orang pendiri KUD Sederhana. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top