Iklan Layanan Masyarakat

Menuju SAKIP Predikat BB, Inspektorat Gelar Bimtek

Kamis, 24 Mar 2022 15:50:32 436

Keterangan Gambar : Wakil Bupati memberikan menyampaikan sambutan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Menuju Predikat ‘BB’ di Lingkungan Pemkab Temanggung bertempat di The Rich Jogja Hotel Jl. Magelang KM.6 Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/03/2022).


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Inspektorat melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Menuju Predikat ‘BB’ di Lingkungan Pemkab Temanggung bertempat di The Rich Jogja Hotel Jl. Magelang KM.6 Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/03/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, Inspektur Inspektorat Eko Suprapto, perwakilan Sekretariat DPRD, Kepala Badan/Dinas, Camat, Pejabat Struktural dan Fungsional se-Kabupaten Temanggung, Perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yogyakarta dan Inspektorat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan, SAKIP telah rutin dikerjakan dan rintisan awal tahun 2011 sudah ada penilaian, namun kenyataannya, Kabupaten Temanggung belum mendapatkan predikat yang diharapkan.

“Kemarin Temanggung sudah dapat predikat B, dengan kondisi seperti ini sangat memprihatinkan, karena predikat yang baik itu di A. SAKIP itu menurut saya pribadi adalah rangkuman atas apa yang kita kerjakan dan dipertanggungjawabkan. Jadi, memang kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan,” katanya.

Dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, pekerjaan-pekerjaan tersebut menjadi rutin setiap tahunnya, maka dengan adanya bimtek ini, hasil dari pekerjaan tersebut belum sesuai harapan.

“Terbukti dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia kita baru memperoleh nilai 62,11 dengan predikat B dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Temanggung berada di rangking ke-29,” jelas Wabup.

Wabup berharap, para pimpinan OPD, para Camat menjadi kunci dominan dalam pelaksanaan SAKIP, agar predikat tersebut naik level dan kinerja Pemkab Temanggung bisa maksimal. 

“Nanti dari masing-masing OPD akan kita evaluasi secara berkala atas kinerjanya dalam mendorong pencapaian kinerja, serta pemanfaatan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi agar bisa lebih baik,” tegasnya.
Wabup juga berpesan, agar lebih fokus pada upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi anggaran melalui berbagai upaya, antara lain dengan penyempurnaan kinerja hingga level individu, serta penyelesaian target kinerja tingkat pemerintah daerah melalui kolaborasi antar OPD.

“Saya berpesan dalam kesempatan yang baik ini, nantinya narasumber dari Bappeda dan Inspektorat Provinsi Yogyakarta agar bisa membimbing para Kepala Dinas/Badan, para Camat se-Kabupaten Temanggung guna pencapaian kegiatan target BB yang dimaksud,” tandasnya. (MC.TMG/tf;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top