Iklan Layanan Masyarakat

Mahasiswa KKN UNNES Adakan Gelar Budaya dan Expo UMKM Jumo

Minggu, 04 Des 2022 17:08:27 270

Keterangan Gambar : Mahasiswa KKN UNNES Adakan Gelar Budaya dan Expo UMKM Jumo


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung yang diwakili Camat Jumo Tri Hestiningsih membuka acara Gelar Budaya dan Expo UMKM Giat 3 Jumo Tahun 2022 bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Jumo, Minggu (4/12/2022).

Ketua panitia Gelar Budaya dan Ekpo UMKM Giat 3 Jumo Tahun 2022, Fuad Nur Huda dari Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UNNES Tahun 2022. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan KKN UNNES yang selama dua bulan di 13 desa di Kecamatan Jumo yang melibatkan 127 orang dari tujuh fakultas (Hukum, Olah Raga, Pendidikan, Teknik, Ekonomi, Ilmu Sosial, Bahasa dan Seni) terdiri dari 68 mahasiswi dan 59 mahasiswa.

"Ini bukti nyata kami mahasiswa berkeinginan kuat untuk melestarikan budaya lokal masyarakat Jumo, makanan tradisional UMKM lokal Jumo misalnya moci, gethuk, kopi dan anyaman. Pengenalan digital marketing, hak cipta (merk). Bersinergi dengan pemerintah desa, kita akan launching master plan desa nanti," kata mahasiswa UNNES dari Walitelon Utara, Temanggung.

Lebih lanjut, bahwa acara ini juga dimeriahkan grup kesenian dari Desa Gedongsari yaitu jaran kepang, warok, dan topeng ireng. Lomba permainan tarik tambang dan terompah panjang untuk ibu-ibu kader Posyandu dan PKK

Camat Jumo, Tri Hestiningsih mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada KKN Giat 3 UNNES, dan karya mahasiswa ini bisa berkelanjutan bagi masyarakat Jumo.

"Apa yang telah panjenengan semua rencanakan, ini salah satu wujud kebersamaan KKN UNNES dengan masyarakat. Segala potensi di Jumo ini sesuatu yang luar biasa dan bisa dikembangkan, serta dilanjutkan ke depannya, kami menyambut baik atas inisiasi program bagi perangkat desa untuk kuliah di UNNES," tuturnya. 

Harapannya, dalam waktu dekat civitas akademika UNNES juga bisa menjembatani pelaksanaan FGD dan pendampingan berkelanjutan. 

"Misalnya ada KKN selanjutnya sudah bertematik, di fokuskan kepada program masalah penyelesaian lingkungan hidup, konservasi, dan pengentasan persampahan. Semoga kegiatan gelar budaya dan UMKM ini sukses dan memberikan manfaat bagi masyarakat Jumo," harapnya.

Hadir dalam acara ini Forkompincam Jumo, Kepala LP2M UNNES, perwakilan dinas terkait, dan kepala desa se-Kecamatan Jumo.
(MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top